DESTINATION

Yuk, Jelajahi 3 Destinasi Wisata Religi Utama di Cirebon!

img

Sebagai kota yang terletak di kawasan pesisir, Cirebon memiliki peranan penting dalam bidang perdagangan pada masa lampau. Dari kegiatan perdagangan itulah masuk pula kebudayaan-kebudayaan baru dari berbagai bangsa yang kemudian membentuk identitas Kota Udang ini hingga sekarang.

Masuknya kebudayaan ini juga dibarengi dengan masuknya agama dan kepercayaan yang beragam. Tempat-tempat ibadah dari berbagai etnis dan agama bermunculan dan hingga kini menyimpan banyak cerita dan keunikan tersendiri. Berikut tiga tempat ibadah yang menjadi wisata religi utama di Kota Cirebon yang bisa kamu kunjungi.

1. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

wisata religi cirebon
Pintu masuk masjid yang unik

Kesultanan Cirebon pada masa lalu memegang peranan vital dalam syiar dan penyebaran agama Islam di Nusantara, terutama di wilayah Jawa Tengah. Ini karena Cirebon pun didirikan oleh salah satu Wali Songo, yaitu Sunan Gunung Jati.

Masjid Agung Sang Cipta Rasa adalah masjid utama bagi trah keluarga Kasepuhan dan bagi masyarakat Cirebon pada masa kini. Didirikan pada tahun 1489 dan mendapat pengawasan langsung dari dua anggota Wali Songo, Sunan Kalijaga sebagai arsitek serta Sunan Gunung Jati sendiri, masjid ini menjadi pasangan Masjid Agung Demak.

Keunikan masjid ini adalah masih dipertahankannya corak Majapahit yang terlihat dari bahan batu merah yang mendominasi bagian luar dan dalam bangunan serta konstruksi tiang kayu jati yang berada di langit-langit. Pintu masuk menuju ruang utama masjid berjumlah sembilan, melambangkan Wali Songo, dan berukuran kecil sehingga membuat orang dewasa menunduk. Ini adalah simbol bahwa kita harus selalu merendahkan diri di hadapan Tuhan. Bersama Makam Sunan Gunung Jati, Masjid Agung Sang Cipta Rasa menjadi tempat peziarahan utama bagi umat muslim di Cirebon.

wisata religi cirebon
Banyak juga peziarah bertandang ke sini
wisata religi cirebon
Arsitektur asli masih dipertahankan

2. Kelenteng Talang

Kelenteng ini didirikan pada tahun 1450 oleh Tan Sam Cay, seorang Muslim Tionghoa. Kata Talang berasal dari Toa Lang, yang dalam bahasa Tiongkok berarti “orang besar”. Istilah ini digunakan untuk menghormati beberapa tokoh besar Tiongkok, salah satunya Laksamana Cheng Ho yang terkenal.

Kelenteng ini awalnya merupakan pusat kegiatan keagamaan bagi masyarakat Muslim Tionghoa dan juga masyarakat Tionghoa yang menganut agama Khonghucu, tetapi beralih fungsi sebagai tempat ibadah umat Khonghucu saja sejak tahun 1940 karena aktivitas umat muslim berpindah ke tempat lainnya. Salah satu keunikan kelenteng ini adalah altar sembahyang yang berbentuk mihrab.

wisata religi cirebon
Petuah untuk pengunjung

3. Gua Maria Sawer Rahmat

wisata religi cirebon
Gua Maria yang ditata indah

Terletak di Cigugur, Kuningan, yang berada di kaki Gunung Ciremai dan berjarak sekitar satu jam dari Cirebon, Gua Maria Sawer Rahmat merupakan salah satu tempat ziarah bagi umat Katolik di Pulau Jawa selain Sendangsono (Magelang) dan Puh Sarang (Kediri). Usia tempat ini masih cukup muda karena baru diresmikan pada 21 Juni 1990.

Jaraknya yang terjangkai dari kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, atau Semarang membuat gua ini memiliki banyak pengunjung. Biasanya mereka melakukan prosesi Jalan Salib atau Via Dolorossa, yaitu prosesi menapak tilas kisah sengsara dan Wafat Yesus di mana peziarah kemudian berjalan dan berhenti di 14 perhentian yang ditandai oleh gambar-gambar Kisah Sengsara dan Wafat Yesus seperti yang tertera dalam Kitab Injil untuk berdoa Rosario. Perjalanan Jalan Salib ini diawali dari Taman Getsemani ke gua kecill berisikan patung Bunda Maria.

Gua Maria ini cukup indah dengan adanya bunga berwarna-warni di sekitarnya. Ada juga sumber mata air yang secara simbolis mewakili air Lourdes yang dipercaya sebagai sumber air sakral bagi umat Katolik. Gua ini ramai dikunjungi menjelang Natal dan Paskah serta pada bulan Oktober, bertepatan dengan Bulan Maria dalam Kalender Gereja Katolik.

wisata religi cirebon
Taman Getsemani

Itulah tiga destinasi wisata religi utama di Cirebon, kalau kamu punya rekomendasi destinasi lainnya, silakan berbagi di kolom komentar di bawah.

Write a Comment

POPULAR STORIES

news-img

Pantai Pasir Putih di Kei Kecil yang Serasa Pantai Pribadi

Maluku terkenal dengan keindahan pantai-pantainya, apalagi yang terdapat di Pulau Kei Kecil yang belakangan ini mulai ramai dibicarakan. Bagaimana, sih, pantai di Kei Kecil?

Dec 15, 2015
news-img

5 Hal Unik yang Bisa Kamu Temukan di Dieng

Ada banyak alasan untuk melakukan perjalanan ke Dataran Tinggi Dieng, desa di dekat Kota Wonosobo. Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu temukan di sana!

Feb 09, 2016

COMMENTS