MOUNTAIN

Watu Meja, Objek Wisata dengan View Menakjubkan di Purwokerto

img

Kalau kamu orang Purwokerto atau Banyumas, mungkin sudah lama mengenal objek wisata yang berada tak jauh dari Bendungan Gerak Serayu. Objek wisata ini bernama Watu Meja, yang berada di puncak Bukit Badar.

Kalau dari arah Purwokerto, arah ke Watu Meja mudah saja. Watu Meja berada di Desa Tumiyang. Dari pusat kota, meluncurlah ke arah Pasar Patikraja, dari persimpangan beloklah ke arah Jalan Kebasen. Tinggal lurus terus, kamu akan menemukan papan petunjuk bertuliskan Watu Meja.

Nah, kalau membawa motor kamu bisa berbelok menuju pemukiman Desa Tumiyang itu. Hingga tiba di tempat parkir di depan rumah warga, jangan lupa menaruh uang seikhlasnya. Belum ada fasilitas parkir resmi di sini.

Dari sini, kamu harus melanjutkan perjalanan dengan trekking lumayan menantang. Kenapa? Karena jalurnya menanjak terus. Tapi, jalannya cukup bagus karena sudah diberi pembatas bambu atau kayu untuk berpegangan.

Tak lama berjalan, kamu akan melewati hutan bambu yang rimbun, lalu beloklah ke kanan. Ada petunjuk jalan yang jelas di situ. Jangan bingung juga kalau kehausan atau kelelahan, di jalur trekking ini sudah ada warung sederhana yang menjual minuman dingin. Kamu juga bisa duduk istirahat sejenak.

watu meja
Ayo, semangat udah mau sampai!
watu meja
Tuh, kan udah sampai!

Lanjutkan perjalanan dengan mendaki terus, hingga kamu sampai di puncak Bukit Badar. Ditandai dengan vegetasi yang berubah, jika sebelumnya adalah pepohonan biasa, sekarang jalur berubah menjadi pepohonan pinus yang menjulang indah.

Di sini banyak berjajar warung yang menjual makanan, mulai dari mi instan sampai nasi pecel, dan minuman dingin. Naiklah terus hingga kamu menemukan loket penjualan tiket masuk. Tiket masuk murah saja, empat ribu rupiah. Dari situ, kamu masih harus menaiki beberapa anak tangga. Lalu, tibalah di Watu Meja.

Area Watu Meja diberi pagar, kemudian ada semacam rumah pohon yang dibuat di dekat pintu masuknya. Di depan Watu Meja dibangun papan kayu tempat pengunjung bisa duduk atau berdiri dan berfoto-foto. Kalau berjalan ke pinggir, harap berhati-hati karena tidak ada pagar pembatas. Jangan sampai salah melangkah dan terjatuh.

watu meja
Kereta melewati jembatan di atas Sungai Serayu
watu meja
VIew-nya keren, kan!

Nama Watu Meja berasal dari bebatuan yang berada puncak Bukit Badar yang bentuknya lebar dan rata menyerupai meja. Dari Watu Meja, kita bisa melihat Sungai Serayu yang dihiasi perbukitan di belakangnya, juga jalur kereta api. Pemandangannya memang menakjubkan. Apalagi saat matahari baru terbit.

Kalau kamu merasa lapar dan haus, banyak warung sederhana yang bisa disambangi di sini. Ingat, jangan membuang sampah sembarangan, ya.

Kalau sudah puas menikmati suasana, kamu bisa pulang melewati jalan yang lain. Ada beberapa rute di sini. Dan setelah mendengar dari penjaga loket, ternyata ada jalur yang tak perlu trekking mendaki. Pengunjung tinggal berjalan santai sejauh 200 meter.

Kalau kamu punya pengalaman seru di Watu Meja atau objek wisata lainnya di Purwokerto, jangan lupa berbagi di kolom komentar, ya.

Write a Comment

POPULAR STORIES

news-img

Pantai Pasir Putih di Kei Kecil yang Serasa Pantai Pribadi

Maluku terkenal dengan keindahan pantai-pantainya, apalagi yang terdapat di Pulau Kei Kecil yang belakangan ini mulai ramai dibicarakan. Bagaimana, sih, pantai di Kei Kecil?

Dec 15, 2015
news-img

5 Hal Unik yang Bisa Kamu Temukan di Dieng

Ada banyak alasan untuk melakukan perjalanan ke Dataran Tinggi Dieng, desa di dekat Kota Wonosobo. Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu temukan di sana!

Feb 09, 2016

COMMENTS