DESTINATION

Travelling ke Sumatera Barat? Jangan Lewatkan Pacu Jawi!

img

Secara harfiah, Pacu Jawi berarti ‘balap sapi’. Di Minangkabau, sapi disebut “jawi” karena berasal dari Tanah Jawa. Tapi, Pacu Jawi ini berbeda dengan Karapan Sapi dari Madura. Pacu Jawi diadakan di petak sawah berlumpur.

Pacu Jawi adalah tradisi yang hanya dapat ditemukan di Kabupaten Tanah Datar, tepatnya berlangsung di empat kecamatan, yaitu Kecamatan Pariangan, Rambatan, Lima Kaum, dan Sungai Tarab. Katanya permainan ini sudah berusia ratusan tahun. Saat petani selesai memanen padi, mereka akan melakukan Pacu Jawi.

Nah, Pacu Jawi ini biasanyadimulai sesudah zuhur, jadi sebaiknya persiapkan waktumu menuju lokasi. Kalau dari Padang, perjalanan menuju Tanah Datar sekitar dua jam, sementara dari Bukittinggi satu jam. Biaya menyaksikan Pacu Jawi dapat adalah gratis, semua boleh menonton.

pacu jawi
Sawah di sekitar area Pacu Jawi
pacu jawi
Para joki membawa alat bajak
pacu jawi
Pacu Jawi dimulai

Lalu, bagaimana cara melakukan Pacu Jawi? Sebenarnya cukup mudah. Petani memasang alat bajak yang biasa mereka pakai sehari-hari ke tubuh dua ekor sapi, lalu menggunakan alat bajak itu sebagai pijakan. Sapi kemudian diperintahkan untuk berlari. Sering kali, joki juga meneriaki atau menggigit ekor sapi supaya larinya semakin kencang.

Uniknya, balap sapi ini dilakukan sendiri-sendiri tanpa lawan. Yang dinilai adalah selurus apa larinya sapi dan apakah sampai di garis akhir. Pokoknya, kalau menyaksikan Pacu Jawi pasti bisa terkena cipratan-cipratan lumpur.

Karena itu, Jalan2Men mau kasih beberapa tips aman nonton Pacu Jawi.

1. Pakai sandal jepit atau sandal gunung karena mungkin saja kamu bakal menginjak lumpur.
2. Pakai topi dan kacamata hitam karena sinar matahari sangat terik.
3. Siapkan plastik atau cover apa pun untuk melindungi kamera dari cipratan lumpur.
4. Siapkan baju ganti kalau-kalau terciprat lumpur cukup parah.

Nah, selamat menonton! Kalau kamu punya pengalaman seru menyaksikan Pacu Jawi, silakan berbagi di kolom komentar di bawah.

Write a Comment

POPULAR STORIES

news-img

Pantai Pasir Putih di Kei Kecil yang Serasa Pantai Pribadi

Maluku terkenal dengan keindahan pantai-pantainya, apalagi yang terdapat di Pulau Kei Kecil yang belakangan ini mulai ramai dibicarakan. Bagaimana, sih, pantai di Kei Kecil?

Dec 15, 2015
news-img

5 Hal Unik yang Bisa Kamu Temukan di Dieng

Ada banyak alasan untuk melakukan perjalanan ke Dataran Tinggi Dieng, desa di dekat Kota Wonosobo. Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu temukan di sana!

Feb 09, 2016

COMMENTS