DESTINATION

Silek Lanyah, Silat di Sawah Berlumpur dari Padangpanjang

img

Setelah menyaksikan aksi menakjubkan para joki Pacu Jawi di daerah Pariangan, Kabupaten Tanah Datar, Jalan2Men senang banget bisa melanjutkan perjalanan ke Padangpanjang. Jalan2Men bakal menyaksikan sebuah atraksi seni bela diri tradisional di sana. Ada yang tahu apakah itu?

Mungkin kamu baru pertama kali mendengar seni bela diri ini. Silek Lanyah namanya. Secara harfiah, Silek Lanyah berarti silat di atas tempat yang basah atau berlumpur. Atraksi tradisional ini bisa disaksikan di Desa Wisata Kubu Gadang, Padangpanjang. Desa ini berjarak 1 jam dari tempat Jalan2Men menyaksikan Pacu Jawi. Sepanjang perjalanan, pemandangannya indah banget, sawah hijau membentang luas.

Begitu tiba di jalan menuju Desa Kubu Gadang, pengunjung perempuan diberikan kain untuk menutupi kaki bagi yang mengenakan celana atau rok pendek. Ini adalah salah satu tradisi desa yang harus dihormati. Tak jauh dari situ, sekitar 500 meter kemudian, tibalah Jalan2Men di samping sawah yang berada tepat di pinggir jalan beraspal.

Di areal sawah, terlihat kelompok Silek Lanyah sudah bersiap dengan alat musik serta kostumnya. Jalan2Men pun diminta duduk di tepian jalan untuk menyaksikan pertunjukan tradisional ini. Uniknya, pemain Silek Lanyah ini berasal dari segala usia, dari kecil hingga remaja. Silek Lanyah kabarnya memang sudah ada dari dulu dan kini dikembangkan oleh kaum muda.

silek lanyah
Area pertunjukan
silek lanyah
Pesilat perempuan adu bakat
silek lanyah
Saling membanting
silek lanyah
Bersama tim Silek Lanyah

Iringan musik gendang pun mewarnai kuda-kuda para pesilat. Adegan menendang dan membanting di atas lumpur pun membuat air terciprat ke mana-mana. Tak jarang, pesilat juga menggunakan senjata berupa pisau kecil. Setelah pesilat laki-laki, gantian pesilat perempuan menunjukkan  bakatnya. Semuanya terlihat begitu menikmati adu bela diri ini.

Buat kamu yang penasaran dengan sejarah Silek Lanyah dan ingin menyaksikan seni bela diri tradisional ini bisa langsung datang ke Desa Kubu Gadang, Keluruhan Ekor Lubuk, Kecamatan Padangpanjang. Kalau sudah menyaksikannya, yuk berbagi pengalaman kalian di kolom komentar di bawah.

Write a Comment

POPULAR STORIES

news-img

Pantai Pasir Putih di Kei Kecil yang Serasa Pantai Pribadi

Maluku terkenal dengan keindahan pantai-pantainya, apalagi yang terdapat di Pulau Kei Kecil yang belakangan ini mulai ramai dibicarakan. Bagaimana, sih, pantai di Kei Kecil?

Dec 15, 2015
news-img

5 Hal Unik yang Bisa Kamu Temukan di Dieng

Ada banyak alasan untuk melakukan perjalanan ke Dataran Tinggi Dieng, desa di dekat Kota Wonosobo. Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu temukan di sana!

Feb 09, 2016

COMMENTS