FOOD

Sarapan Nikmat ala Palembang yang Serba Berkuah

img

Jika berkesempatan mampir ke ibu kota Provinsi Sumatera Selatan, yaitu Palembang, tak ada salahnya kamu mencicipi beragam makanan khasnya. Begitu banyak pilihan yang bisa kamu coba, mulai dari menu makan pagi, siang, hingga malam. Untuk menjajal menu pagi hari khas Palembang, kamu bisa mengunjungi Pasar Kuto.

Di sini terdapat beragam warung makan yang menyediakan menu pagi khas Palembang. Salah satu yang menarik adalah Warung Aba yang menjual menu makanan serba bersantan. Warung Aba didirikan oleh orang keturunan Arab yang sudah membuka warungnya sejak tahun 1981. Berikut ini menu makanan yang mesti kamu coba walaupun semuanya hampir mirip-mirip rasanya.

kuliner palembang
Warung Aba di Pasar Kuto
kuliner palembang
Lakso siap diracik

Ragit

Ragit berbentuk seperti roti jala, disiram dengan kuah kari kentang. Adonan ragit terbuat dari tepung terigu, telur, dan garam. Makanan ini sangat disukai masyarakat setempat untuk disantap saat berbuka puasa pada bulan ramadan.

Laksan

Laksan cukup berbeda dari yang lain karena menyerupai pempek lenjer. Laksan memang terbuat dari adonan serupa pempek, yaitu tepung sagu dan ikan, yang lalu direbus dan disiram dengan kuah kari yang diberi sambal cabai merah dan daun bawang.

Burgo

Burgo terbuat dari tepung beras, karena itu warnanya putih mengilat. Rasanya sangat lembut saat digigit dan disiram dengan kuah kari kuning yang ditaburi bawang goreng. Gurih-gurih nikmat pokoknya.

Celimpungan

Celimpungan terbuat dari adonan yang sama dengan laksan, tetapi dibentuk bulat-bulat dan disiram kuah kari kuning dan bawang goreng. Celimpungan juga enak disantap dengan tambahan sambal.

Lakso

Lakso juga terbuat dari tepung beras, sama seperti burgo. Akan tetapi, bentuknya sangat mirip mi. Lakso juga disiram dengan kuah kari kuning yang ditaburi bawang goreng. Rasanya juga hampir sama dengan burgo.

kuliner palembang
Ragit dan kuahnya
kuliner palembang
Dilihat searah jarum jam: Ragit, Laksan, Burgo, Celimpungan, dan Lakso

Bagaimana, semuanya kelihatan menggoda, bukan? Apa kamu pernah mencoba salah satunya? Apa hidangan sarapan tradisional Indonesia kesukaanmu? Ayo, berbagi di kolom komentar, ya.

Write a Comment

POPULAR STORIES

news-img

Pantai Pasir Putih di Kei Kecil yang Serasa Pantai Pribadi

Maluku terkenal dengan keindahan pantai-pantainya, apalagi yang terdapat di Pulau Kei Kecil yang belakangan ini mulai ramai dibicarakan. Bagaimana, sih, pantai di Kei Kecil?

Dec 15, 2015
news-img

5 Hal Unik yang Bisa Kamu Temukan di Dieng

Ada banyak alasan untuk melakukan perjalanan ke Dataran Tinggi Dieng, desa di dekat Kota Wonosobo. Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu temukan di sana!

Feb 09, 2016

COMMENTS