MOUNTAIN

Pesona Air Terjun Kedung Kayang yang Tersembunyi di Magelang

img

Selain gunung dan pantai, banyak orang juga senang mengunjungi air terjun. Bagi saya, ada satu hal yang saya kurang suka dari kegiatan berwisata ke air terjun. Peribahasa “bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian” sama sekali tidak berlaku. Karena pada umumnya kita akan bersenang-senang terlebih dahulu dengan menuruni anak tangga atau jalan setapak untuk mencapai air terjun. Setelah puas bermain air dan menikmati pemandangan, barulah kita harus membayar ‘kesenangan’ kita dengan menaiki atau menanjak tangga yang menguras tenaga.

Tapi, hal itu tidak membuat saya kapok mengunjungi air terjun. Kali ini saya ingin mengajak kalian ke Air Terjun Kedung Kayang. Saya tidak keberatan untuk bersakit-sakit demi air terjun yang tingginya sekitar 30 meter ini. Air terjun yang terletak di Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah ini sering kali kalah pamor dengan si megah Candi Borobudur, dan mungkin juga kalah pamor dengan si lezat Kupat Tahu Magelang.

Kedung Kayang
Kedung Kayang dilihat dari atas

Kalau kamu berwisata di Magelang, jangan sampai melewatkan air terjun yang cantik ini. Untuk menuju ke sana, dari arah Magelang kamu bisa melewati jalan Boyolali-Mungkad. Perjalanan hanya sekitar 30 menit menggunakan kendaraan bermotor. Air terjun ini terletak tidak jauh dari wisata Ketep Pass yang terletak di Bukit Sawangan. Mungkin hanya sekitar 3 km. Akses jalan sebenarnya cukup bagus, tetapi ada beberapa bagian yang rusak karena sering dilewati truk bermuatan berat.

kedung kayang
Di tengah jalan, kamu bisa mampir di warung!

Dengan tiket masuk yang sangat terjangkau, seingat saya tidak sampai sepuluh ribu, Air Terjun Kedung Kayang menjadi idola masyarakat sekitar. Mungkin sekitar 90% pengunjung air terjun ini adalah pasangan muda-mudi berkelompok yang ingin bersantai, main air, dan juga menikmati pemandangan.

Keistimewaan Kedung Kayang, selain terletak di kaki Gunung Merapi, juga bisa dinikmati dari tiga sisi. Iya, betul! Dari tiga sisi, yaitu dari atas air terjun (di mana air mulai mengalir deras), di seberang bagian atas air terjun, dan dari bawah. Istimewa banget, ya!

Pemandangan dari atas dan depan/seberang bagian atas air terjun sangat indah. Bebatuan besar dan hijaunya tumbuhan di sekitar sungai membuat tempat wisata ini terasa sangat alami. Hati-hati kalau berencana melongok ke bawah, bisa bahaya sekali kalau kehilangan keseimbangan. Pilihlah tempat-tempat aman, beberapa ada yang dilengkapi pagar, untuk melihat pemandangan.

kedung kayang
Menikmati pemandangan

Setelah puas memandangi Kedung Kayang dari atas, saya bergegas menuruni tangga dan menyusuri jalan setapak untuk menikmati air terjun dari dasar. Di tengah perjalanan, saya melihat samar-samar Gunung Merapi kokoh berdiri di belakang air terjun.

Sayang, kali ini tertutup kabut tipis. Saya jadi ingat kalau pernah membaca bahwa air terjun ini juga terkena hantaman letusan Merapi pada tahun 2010. Jadi penasaran, seperti apa air terjun ini sebelum tahun 2010.

Perjalanan untuk menikmati air terjun lebih dekat, yaitu dari bawah, cukup seru. Kita akan melewati beberapa perkebunan warga sekitar, banyak pohon cabai dan juga kol putih. Sesampainya di bawah, pemandangan juga sama cantiknya! Aliran air terjun yang deras, batu-batu besar dan kerikil-kerikil tertata secara alami. Segar sekali rasanya ketika berjalan melewati sungai-sungai kecil untuk menuju ke pusat air terjun.

kedung kayang
Yuk, main air!

Selain main air, yang biasanya saya lakukan adalah memejamkan mata dan merasakan angin serta air perlahan menempa, hirup napas dalam-dalam dan seketika itu pula hati akan merasa lebih gembira dan plong. Saya tidak berlebihan, lho. Cobalah main ke air terjun ini, nanti kamu bisa rasakan sendiri.

Kalau kamu, apa yang biasanya kamu lakukan jika berwisata ke air terjun?

Write a Comment

POPULAR STORIES

news-img

Pantai Pasir Putih di Kei Kecil yang Serasa Pantai Pribadi

Maluku terkenal dengan keindahan pantai-pantainya, apalagi yang terdapat di Pulau Kei Kecil yang belakangan ini mulai ramai dibicarakan. Bagaimana, sih, pantai di Kei Kecil?

Dec 15, 2015
news-img

5 Hal Unik yang Bisa Kamu Temukan di Dieng

Ada banyak alasan untuk melakukan perjalanan ke Dataran Tinggi Dieng, desa di dekat Kota Wonosobo. Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu temukan di sana!

Feb 09, 2016

COMMENTS