DESTINATION

Merasakan Sensasi Masa Lampau di Candi Ratu Boko

img

Pastinya bukan rahasia lagi kalau Yogyakarta jadi salah satu tempat yang paling ngangenin buat kamu? Gimana enggak ngangenin, di Yogyakarta semua sudah tersedia buat kamu yang  hobi traveling atau sekadar untuk melepas penat. Mulai dari sejarah, budaya, kuliner, serta alamnya semua keren. Belum lagi film AADC 2 yang ikut mendongkrak beberapa tempat wisata di Yogyakarta yang mungkin belum pernah kamu dengar.

Salah satu tempat yang makin eksis sekarang ini adalah Kompleks Candi Ratu Boko, situs reruntuhan keraton peninggalan abad ke-8 yang didirikan oleh Wangsa Syailendra, yang juga mendirikan Candi Borobudur. Bahkan, bahan baku bangunan dan corak bangunannya cukup mirip dengan Candi Borobudur.

candi ratu boko
Banyak raja pernah melewati gerbang ini

Bisa dibilang Candi Ratu Boko adalah satu-satunya peninggalan Kerajaan Hindu-Buddha di Yogyakarta, khususnya Kerajaan Mataram Kuno, yang bukan sebagai tempat ibadah, tetapi sebagai kompleks keraton dengan beberapa bagian tersendiri. Meskipun beberapa bagian sudah menjadi reruntuhan, tapi kita bisa membayangkan bagaimana megahnya kompleks ini pada masa kejayaannya.

Ada tiga bagian yang menjadi landmark kompleks ini. Pertama, tempat kremasi raja yang berukuran 26×26 meter di mana kamu bisa naik dan melihat kompleks secara lebih luas. Kedua, pendopo kerajaan di mana masih tersisa ornamen-ornamen pada pintu masuk dan dinding dari bilik ini, bagian dalamnya juga enggak kalah keren, sebuah panggung kosong tetapi memiliki kesan kolosal.

Yang terakhir adalah gapura ikonis sebagai pintu masuk menuju Candi Ratu Boko. Bentuk arsitektur khas kerajaan Hindu-Buddha di daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta memberikan identitas bagi seluruh kompleks ini, serta adanya ornamen-ornamen ukiran khas.

candi ratu boko
Bagian pendopo yang tersisa
candi ratu boko
Reruntuhan keraton

Terletak di Perbukitan Sleman membuat candi ini menjadi spot favorit untuk menyaksikan matahari terbit dan terbenam di langit Kota Gudeg. Belum lagi kamu juga bisa melihat panorama Yogyakarta dengan Candi Prambanan menyembul di tengah-tengah, diikuti dengan Gunung Merapi yang terhampar di belakang.

Jadi, siapkah kalian untuk merasakan sensasi dari masa lampau di Candi Ratu Boko?

candi ratu boko
Kota Jogja dilihat dari Ratu Boko
Write a Comment

POPULAR STORIES

news-img

Pantai Pasir Putih di Kei Kecil yang Serasa Pantai Pribadi

Maluku terkenal dengan keindahan pantai-pantainya, apalagi yang terdapat di Pulau Kei Kecil yang belakangan ini mulai ramai dibicarakan. Bagaimana, sih, pantai di Kei Kecil?

Dec 15, 2015
news-img

5 Hal Unik yang Bisa Kamu Temukan di Dieng

Ada banyak alasan untuk melakukan perjalanan ke Dataran Tinggi Dieng, desa di dekat Kota Wonosobo. Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu temukan di sana!

Feb 09, 2016

COMMENTS