DESTINATION

Menengok Morea, Belut Raksasa dari Maluku

img

Siapa bilang Kota Ambon di Maluku cuma memiliki pantai-pantai yang indah, ada sebuah destinasi unik lainnya yang bisa kamu datangi. Destinasi itu adalah Kolam Waiselaka. Kolam ini berada di Desa Waai, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah. Karaknya sekitar 45 menit dari pusat kota.

Pertama kali ke sini mungkin kamu akan keheranan karena lokasinya berada di tengah pemukiman. Kolam Waiselaka cukup luas, pada bagian depannya dijadikan tempat mandi dan mencuci oleh masyarakat setempat. Dari situlah saya menyadari ada sesuatu yang aneh di dalam kolam. Ada benda berwarna hitam yang berada di samping kaki seorang ibu.

Ternyata hewan yang menyerupai belut raksasa itu bernama morea. Ia sudah terbiasa dengan kehadiran warga, karena itu tidak terusik oleh kesibukan warga yang mencuci pakaian.

morea ambon
Aktivitas warga
morea ambon
Kolam yang berisi morea

Jika kamu berjalan ke ujung, bagian utama kolam, yang airnya sangat jernih, kamu akan melihat lebih banyak morea di dasar kolam. Uniknya lagi, air di sini dijadikan sumber air minum warga, karena itu pengunjung tak boleh sembarang memasuki kolam.

Di dasar kolam juga terdapat sebuah lubang yang katanya terhubung dengan laut, dan ada sumber mata air pula di sana. Beberapa ikan dari laut berenang hingga ke kolam ini, dan kemudian menetap.

morea ambon
Anak kecil mengambil air bersih di kolam morea
morea ambon
Posisi morea saat tidur

Morea-morea ini memang mirip belut, tapi panjangnya bisa mencapat 1 meter. Hewan ini juga dikeramatkan oleh warga sekitar. Mereka takkan pernah mengonsumsinya. Sebab, sejarahnya morea sudah ada sejak desa ini berdiri, yang merupakan hewan dari masa leluhur mereka.

Nah, morea di sini sebenarnya cukup jinak dan dapat disentuh kalau penasaran. Kalau kamu ingin memegangnya, kamu bisa menanyakan pada pawang yang biasanya berada di sekitar kolam. Ayo, apa kamu berani memegangnya?

Write a Comment

POPULAR STORIES

news-img

Pantai Pasir Putih di Kei Kecil yang Serasa Pantai Pribadi

Maluku terkenal dengan keindahan pantai-pantainya, apalagi yang terdapat di Pulau Kei Kecil yang belakangan ini mulai ramai dibicarakan. Bagaimana, sih, pantai di Kei Kecil?

Dec 15, 2015
news-img

5 Hal Unik yang Bisa Kamu Temukan di Dieng

Ada banyak alasan untuk melakukan perjalanan ke Dataran Tinggi Dieng, desa di dekat Kota Wonosobo. Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu temukan di sana!

Feb 09, 2016

COMMENTS