FOOD

Memanjakan Perut di Singkawang, Kalimantan Barat

img

Jalan-jalan ke destinasi baru tidak afdol rasanya kalau kita tidak mencoba makanan khasnya. Apalagi di Indonesia, yang variasi makanannya tidak ada habisnya. Nah, dalam perjalanan saya ke Singkawang beberapa waktu lalu, saya sempat mencoba beberapa makanan dan punya tempat makan yang patut direkomendasikan. Mau tahu apa saja? Simak, ya.

1. Bubur Gunting

Tenang! Walaupun Singkawang terkenal dengan tatung-tatung ajaib saat perayaan Cap Go Meh, bukan berarti makanan rakyatnya juga ajaib. Bubur gunting tidak benar-benar berisi gunting. Melainkan, biji-biji kedelai kupas yang berendam di dalam kuah kental manis, bersama potongan-potongan cakwe. Nah, cakwe yang aslinya berukuran panjang dipotong-potong dengan gunting, maka namanya Bubur Gunting. Kamu bisa temukan gerobak penjualnya di bawah pohon rindang di Jalan Antasari.

Saya sarankan kamu menyantap bubur gunting di pagi hari, sebelum jam sembilan. Selain karena tidak terlalu berat untuk perut yang baru bangun tidur, santapan ini memang cuma ada di pagi hari, sih.

kuliner singkawang
Nikmat untuk sarapan

2. Mie Tiaw Asu

Bukan, ini bukan mi dengan daging anjing. Walaupun dalam bahasa Jawa ‘asu’ berarti anjing, kita tidak sedang di Jawa. ‘Asu’ di sini berasal dari kata ‘asuk’, yang artinya paman. Pernah juga saya mendengar kedai ini disebut Mie Tiaw Asoh. Ya, apa pun namanya, yang memiliki dan memasak mie tiaw di sini seorang paman yang menjamin makanannya halal.

Mi yang dipakai berbentuk pipih seperti kwetiau, tapi tidak selebar kwetiau. Diracik dengan kecap, taoge, telur, daun cengkok manis (mirip daun katuk), dan perasan jeruk nipis, oh… lidah bisa menari-nari saking enaknya, dan perut yang keroncongan bisa berdansa kesenangan dibuatnya. Penasaran? Cari saja Mie Tiaw Asu di Jalan Yos Sudarso. Tidak ada plang bisnisnya, tapi tempat ini cukup terkenal untuk kamu tanyakan ke penduduk sekitar.

kuliner singkawang
Enak banget dimakan panas-panas!

3. Mie Kering Haji Aman

Singkawang memiliki banyak pilihan kuliner yang mengandung babi. Tapi Mie Kering Haji Aman ini aman untuk kamu yang hanya makan makanan halal. Pemilik kedai mi ini seorang keturunan Tionghoa mualaf.

Walaupun judulnya Mie Kering, hidangan disajikan dengan pilihan kuah yang gurih. Silakan guyur mi dengan kuah sesuai selera kamu, atau biarkan kering. Pelengkapnya macam-macam, seperti potongan daging ayam, bakso ikan, jamur, telur dadar tipis-tipis, taoge, sawi, lobak asin, dan lain-lain. Mi yang digunakan berukuran tipis dan kecil, cocok untuk diseruput.

Mie Kering Haji Aman berlokasi di pinggir Kota Singkawang, bisa kamu temukan saat hendak memasuki kota dari arah Pontianak. Tepatnya di Jalan Batu Harapan Nomor 16.

kuliner singkawang
Topping-nya banyak!

4. Kopi Nikmat

Untuk para peminum kopi, jangan sampai melewatkan Toko Kopi Nikmat di tengah-tengah Kota Singkawang. Kopinya terkenal enak, dengan biji yang didatangkan dari Jawa dan Sumatera, dan diracik secara manual. Kalau kamu bukan peminum kopi, mesti mampir juga karena mereka juga menyediakan minuman selain kopi. Penganan ringan pun tersedia, seperi bolu, pai telur, dan risoles. Kue-kue ini disimpan di lemari kaca berbentuk segi delapan, yang menjadi ciri khas Toko Kopi Nikmat.

Kedai ini berdiri sejak tahun 1930. Ia bisa bertahan bukan hanya karena kopi dan kue-kuenya, tapi juga suasananya yang bikin kangen. Warga Singkawang sering kongko di sini, baik pagi, siang, maupun sore. Sebelum pergi ke kantor, ngopi dulu sambil sarapan di Toko Kopi Nikmat.

Saat makan siang, ngopi lagi di sini sambil melahap makanan-makanan di gerobak yang mampir di sekitar toko. Sore hari, boleh juga kalau mau ngopi lagi. Kedai ini tak luput dari kunjungan musisi jalanan, tapi bukan tipe yang asal kecrek dan memaksa minta uang. Musisi di sini biasanya bermusik dengan baik dan benar-benar menghibur pengunjung kedai.

kuliner singkawang
Suasana santai di Toko Kopi Nikmat pada siang hari

Selain empat makanan di atas, masih banyak makanan lezat dan kedai kopi yang menjadi favorit di Kota Singkawang. Di Pasar Turi kamu bisa menemukan kedai-kedai nasi kuning, bubur tahu, dan berbagai mi. Untuk kamu yang suka menyantap babi, pilihan dari nasi campur sampai bubur babi pun ada, apalagi bakmi. Di malam hari, mampirlan ke Pasar Hongkong. Kamu mungkin akan bingung memilih untuk makan apa, saking banyaknya pilihan jajanan di sepanjang jalan!

Write a Comment

POPULAR STORIES

news-img

Pantai Pasir Putih di Kei Kecil yang Serasa Pantai Pribadi

Maluku terkenal dengan keindahan pantai-pantainya, apalagi yang terdapat di Pulau Kei Kecil yang belakangan ini mulai ramai dibicarakan. Bagaimana, sih, pantai di Kei Kecil?

Dec 15, 2015
news-img

5 Hal Unik yang Bisa Kamu Temukan di Dieng

Ada banyak alasan untuk melakukan perjalanan ke Dataran Tinggi Dieng, desa di dekat Kota Wonosobo. Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu temukan di sana!

Feb 09, 2016

COMMENTS