MOUNTAIN

Kawah Gunung Galunggung, Destinasi yang Wajib Kamu Kunjungi di Tasikmalaya

img

Setelah menyaksikan Jagir Festival di Desa Jayagiri, Ciamis, Jalan2Men berkesempatan untuk singgah di Tasikmalanya. Soalnya, di kota ini katanya ada destinasi keren yang wajib dikunjungi. Destinasi itu adalah Gunung Galunggung. Gunung berapi yang terakhir meletus pada tahun 1983 ini sangat populer di kalangan masyarakat setempat.

Bagaimana tidak, di Gunung Galunggung terdapat sebuah kawah yang di tengahnya terdapat sebuah danau dan gunung kecil. Mengingatkan kita pada Gunung Rinjani dan Segara Anakan. Gunung kecil di tengah kawah Gunung Galunggun ini bernama Gunung Jadi.

Dari pusat Kota Tasikmalaya, jaraknya sekitar 17 km ke Gunung Galunggung. Tak ada angkutan umum yang langsung mengantar ke sana, kamu bisa naik ojek ke sana. Di kawasan wisata Gunung Galunggung ini terdapat pemandian air panas juga. Tapi, Jalan2Men cuma mampir ke kawahnya karena hari sudah sore.

Jalan menuju kawah ada dua jalur. Satu melalui tangga, dengan total 620 anak tangga, dan satu lagi melalui jalan setapak berpasir. Untuk naik, enaknya memilih jalan setapak karena tidak terlalu berat, jarak ke atas sekitar 750 meter saja. Kalau turun, barulah ganti melalui tangga.

gunung galunggung
Jalur berpasir yang menanjak
gunung galunggung
Menuju puncak
gunung galunggung
Kawah Gunung Galunggung

Begitu sampai di atas, pemandangannya luar biasa keren. Ternyata, kawah Gunung Galunggung ini sangat luas. Kawah ini juga bagaikan dikelilingi oleh tebing yang juga berbentuk seperti kawah. Dari tebing ini terlihat beberapa air terjun kecil yang indah.

gunung galunggung
Banyak warung juga
gunung galunggung
Dan ada yang kamping!

Pemandangan yang serba hijau dijamin akan membuat mata segar, apalagi ditambah udara yang sejuk. Ada beberapa warung yang buka dan menyediakan makanan kalau kamu ingin bersantai untuk menikmati suasana.

Dari atas, kita juga bisa melihat sebuah masjid yang berdiri di dalam kawah. Unik banget, kan! Nah, kita sebenarnya bisa turun ke kawah, perjalanannya sekitar satu jam, tapi sayangnya hari sudah gelap. Jadi, menikmati suasana dari atas saja sudah cukup.

gunung galunggung
Mari pulang
gunung galunggung
Cuma 620 tangga kok!

Semoga bisa kembali lagi ke kawah Gunung Galunggung, ya!

Write a Comment

POPULAR STORIES

news-img

Pantai Pasir Putih di Kei Kecil yang Serasa Pantai Pribadi

Maluku terkenal dengan keindahan pantai-pantainya, apalagi yang terdapat di Pulau Kei Kecil yang belakangan ini mulai ramai dibicarakan. Bagaimana, sih, pantai di Kei Kecil?

Dec 15, 2015
news-img

5 Hal Unik yang Bisa Kamu Temukan di Dieng

Ada banyak alasan untuk melakukan perjalanan ke Dataran Tinggi Dieng, desa di dekat Kota Wonosobo. Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu temukan di sana!

Feb 09, 2016

COMMENTS