MOUNTAIN

Jelajah Bukittinggi Part 2: Destinasi Alam yang Menawan

img

Bukittinggi, selain kaya budaya dan sejarah, adalah sebuah kota yang terkenal dengan keindahannya. Karena berada hampir seribu meter di atas permukaan laut, kota ini memiliki hawa yang sejuk dan pemandangan yang memukau. Apalagi, Bukittinggi juga diapit oleh Gunung Singgalang dan Gunung Marapi.

Bagaimana kalau kamu ingin mendaki Gunung Singgalang? Bisa saja. Gunung ini adalah salah satu tujuan favorit pendaki di Sumatera Barat. Tapi, bagaimana kalau tidak biasa naik gunung? Gampang saja. Kamu bisa mengunjungi lembah yang terkenal di Bukittinggi. Pasti tahu dong, namanya Ngarai Sianok.

Jadi, kalau kamu-kamu berkesempatan untuk mengunjungi Bukittinggi, salah satu hal yang dapat kamu lakukan adalah menjelajahi destinasi alam yang ada di sana. Berikut ini daftarnya.

1. Air Terjun Lembah Anai

bukittinggi
Yuk, main air!

Air terjun ini berada tepat di jalan raya dari Padang menuju Bukittinggi. Air terjun ini juga termasuk dalam Cagar Alam Lembah Anai, yaitu kawasan hutan lindung yang memiliki kekayaan flora dan fauna di Sumatera Barat. Kalau melewati air terjun ini, jangan lupa berhenti untuk menikmati suasana.

Di depan air terjun ini juga terdapat sebuah sungai kecil, dan di sampingnya banyak terdapat objek wisata kolam renang untuk umum. Jika lelah dengan perjalanan dari Padang, tak ada salahnya untuk bersantai di sini.

2. Ngarai Sianok

bukittinggi
Masih ada sisa perbaikan di sungai

Ngarai Sianok adalal lembah sepanjang 15 km yang melewati Kabupaten Agam dan Kota Bukittinggi. Di antara lembah yang rimbun dengan pepohonan ini terdapat sebuah sungai kecil yang berkelok-kelok. Membuat Ngarai Sianok terlihat sangat indah dari kejauhan.

Di Ngarai Sianok juga terkenal masih menjadi habitat monyet. Kalau ke sini, siapkan air minum dan makanan ringan, karena dijamin kamu akan lupa waktu karena keasyikan menyusuri sungai dan lembahnya. Ngarai Sianok bisa dicapai sekitar 30 menit dari pusat Kota Bukittinggi. Kamu bisa menyewa mobil atau menaiki kendaraan umum ke sini.

3. Bukit Takuruang

bukittinggi
Bukit Takuruang dilihat dari Taruko Cafe

Masih berada di jajaran lembah di Ngarai Sianok. Kali ini kita akan menuju objek wisata yang baru populer belakangan ini. Bukit Takuruan namanya, atau disebut juga Tabiang Takuruang. Dalam bahasa Indonesia, artinya adalah Bukit yang Terkurung. Ya, mungkin karena posisinya menyempil di antara tebing-tebing.

Asyiknya, untuk menikmati pemandangan di sekitar Bukit Takuruang, kamu bisa mampir ke Taruko Cafe. Kafe merangkap restoran yang cantik ini dijamin bikin kamu betah. Apalagi, tersedia fasilitas kano untuk anak-anak dan ada sungai yang bisa kamu datangi.

4. The Great Wall of Koto Gadang

bukittinggi
Pemandangannya luar biasa!

Namanya mirip dengan Tembok Besar China. Bedanya ini berada di Kabupaten Agam, tepatnya di Koto Gadang. Tangga yang berjumlah ratusan ini menghubungkan Koto Gadang dengan Ngarai Sianok. Menaiki atau menuruni tangga sambil memandang keindahan alam Ngarai Sianok dijamin akan membuat kamu betah berlama-lama. Jangan lupa membawa air minum untuk persedian selama perjalanan, ya. Dan ingat selalu, jangan membuang sampah sembarangan!

5. Danau Maninjau

bukittinggi
Damai banget, ya.

Danau Maninjau sebenarnya berada di Kabupaten Agam, yang bersebelahan dengan Kota Bukittinggi. Jaraknya sekitar 36 km dari Bukittinggi, tapi sebaiknya objek wisata danau vulkanik ini tidak dilewatkan. Sebab, keindahannya juga tak kalah dengan Danau Singkarak yang juga berada di Sumatera Barat.

Menurut legenda, Danau Maninjau adalah kaldera yang terbentuk dari letusan gunung berapi ratusan tahun silam. Ada yang bilang juga kemunculan Danau Maninjau berkaitan dengan kisah Bujang Sembilan. Ada yang tahu ceritanya?

Nah, keren banget, kan, alam Bukittinggi? Kalau kamu punya objek wisata alam lain yang kamu suka, silakan berbagi di kolom komentar di bawah.

Write a Comment

POPULAR STORIES

news-img

Pantai Pasir Putih di Kei Kecil yang Serasa Pantai Pribadi

Maluku terkenal dengan keindahan pantai-pantainya, apalagi yang terdapat di Pulau Kei Kecil yang belakangan ini mulai ramai dibicarakan. Bagaimana, sih, pantai di Kei Kecil?

Dec 15, 2015
news-img

5 Hal Unik yang Bisa Kamu Temukan di Dieng

Ada banyak alasan untuk melakukan perjalanan ke Dataran Tinggi Dieng, desa di dekat Kota Wonosobo. Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu temukan di sana!

Feb 09, 2016

COMMENTS