CULTURE

Hebohnya Pertunjukan Bambu Gila, Kesenian Khas Ternate

img

Setelah menyaksikan Gerhana Matahari Total di Benteng Tolukko, Ternate, redaksi #Jalan2Men melanjutkan perjalanan ke Pulau Tidore. Di sana juga berlangsung perhelatan meriah, Tidore Solar Eclipse Festival.

Pada perhelatan inilah saya menyaksikan pertunjukan Bambu Gila (dalam bahasa Ternate disebut Bara Masuen), yaitu permainan tradisional yang muncul di Ternate sejak ratusan tahun lampau, bahkan sebelum agama Islam dan Kristen masuk ke Maluku Utara. Ketika itu, masyarakat masih memeluk keyakinan dinamisme dan animisme.

Baca juga artikel ini:

Bambu Gila waktu itu dilakukan untuk memindahkan barang yang sangat berat, seperti menarik kapal, dan juga melumpuhkan musuh. Bambu Gila dipercaya mengundang roh untuk menambah kekuatan secara spiritual.

bambu gila
Pemain membawa bilah bambu
bambu gila
Pawang membacakan mantra
bambu gila
Pemain tifa mengiringi Bambu Gila

Bambu Gila biasanya dilakukan oleh 7 pemain dan 1 pawang, semuanya laki-laki. Permainan diawali dengan pawang membakar kemenyan di dalam tempurung kelapa, lalu membaca mantra dan mengarahkan asapnya ke bilah bambu untuk memanggil roh yang akan menggerakkan bambu.

Kemudian, bilah bambu akan terasa berat dan seperti bergerak dengan sendirinya, mengikuti arah asap kemenyan yang dibawa oleh pawang. Para pemain harus berusaha memegang bambu dengan sekuat mungkin agar tidak lepas. Tak heran, dalam permainan ini pemain bisa sampai jatuh terjungkal.

bambu gila
Pemain membawa bambu ke arah asap
bambu gila
Sampai mau nabrak pohon

 

Nah, apakah kamu pernah menyaksikan Bambu Gila? Menurutmu apakah kesenian asli Ternate ini memang mengandung nilai mistis?

 

Write a Comment

POPULAR STORIES

news-img

Pantai Pasir Putih di Kei Kecil yang Serasa Pantai Pribadi

Maluku terkenal dengan keindahan pantai-pantainya, apalagi yang terdapat di Pulau Kei Kecil yang belakangan ini mulai ramai dibicarakan. Bagaimana, sih, pantai di Kei Kecil?

Dec 15, 2015
news-img

5 Hal Unik yang Bisa Kamu Temukan di Dieng

Ada banyak alasan untuk melakukan perjalanan ke Dataran Tinggi Dieng, desa di dekat Kota Wonosobo. Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu temukan di sana!

Feb 09, 2016

COMMENTS