WHAT'S HOT

Heboh Kasus Video Colongan di Soetta, Sutiknyo Tuntut Ganti Rugi

img

Beberapa hari ini dunia sosial media, terutama Twitter, kembali dihebohkan dengan kasus pelanggaran hak cipta. Yang sayangnya merupakan kejadian kesekian kali. Sebelumnya, ada juga kasus penjiplakan artikel yang menimpa seorang travel blogger asal Bandung, Shasya Pashatama. Tulisannya tentang 12 tempat ngopi yang asyik di Bandung telah dijiplak oleh salah satu media online besar.

Setelah kasus penjiplakan teks, kita beralih ke kasus pelanggaran hak cipta terhadap sebuah video traveling. Sutiknyo, seorang travel blogger yang dikenal sebagai Lostpacker di sosial media dan aktif membuat video-video kreatif, mengalami nasib serupa. Tanpa diduga, saat tiba di Bandara Soekarno-Hatta untuk terbang ke luar kota, ia menemukan video miliknya digunakan tanpa izin di salah satu spot videotron.

Kasus ini jelas pelanggaran karena video tersebut telah dibuang watermark-nya, yang biasanya memang selalu dipasang oleh pembuat video. Sutiknyo tak tinggal diam, sebagai salah satu influencer di Twitter, ia pun mengabarkan hal tersebut di akunnya. Lalu, mengirimkan komplain kepada pihak Angkasa Pura II.

Kemudian, diketahui bahwa PT Boomee, vendor yang mengurus video tersebut, memang menggunakan video milik Sutiknyo tanpa izin. Ini bukan hal pertama bagi Sutiknyo, beberapa kali videonya digunakan tanpa izin oleh agen tur di beberapa sosial media.

Kali ini ia tak bisa diam saja, kasus pelanggaran hak cipta tak bisa diselesaikan dengan pernyataan maaf saja dan penurunan video itu. Ia menuntut ganti rugi atas kerugian yang telah dialaminya. Ini diharapkan menjadi pelajaran agar hal serupa tak terulang lagi.

Sementara itu, Angkasa Pura II telah melayangkan surat peringatan kepada vendor tersebut. Mereka juga akan mengadakan pertemuan dengan Sutiknyo dan pihak vendor untuk membahas hal tersebut.

Selain aktif di dunia blog, Sutiknyo dikenal rajin mengunggah video traveling miliknya ke saluran Youtube-nya. Dukung selalu karya anak bangsa dengan tidak menjiplak atau mencuri karya mereka, ya.

travel blogger
Sutiknyo saat traveling

Nah, kita berharap saja hal serupa, pelanggaran hak cipta dan karya kreatif, tak terulang lagi, ya. Kalau kalian pernah mengalami masalah serupa, saat karya kalian dijiplak atau dicuri? Eh, tapi kalian punya karya enggak? Kalau belum punya, bikin dulu gih! Setelah itu, jangan lupa berbagi pengalaman di kolom komentar di bawah.

Sumber foto: @Lostpacker

Write a Comment

POPULAR STORIES

news-img

Pantai Pasir Putih di Kei Kecil yang Serasa Pantai Pribadi

Maluku terkenal dengan keindahan pantai-pantainya, apalagi yang terdapat di Pulau Kei Kecil yang belakangan ini mulai ramai dibicarakan. Bagaimana, sih, pantai di Kei Kecil?

Dec 15, 2015
news-img

5 Hal Unik yang Bisa Kamu Temukan di Dieng

Ada banyak alasan untuk melakukan perjalanan ke Dataran Tinggi Dieng, desa di dekat Kota Wonosobo. Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu temukan di sana!

Feb 09, 2016

COMMENTS