MOUNTAIN

Berkemah di Tegal Panjang, Lembah Cantik di Papandayan

img

Kalau kamu suka mendaki gunung, pasti kamu tahu kepopuleran Gunung Papandayan yang terletak di wilayah Garut, Jawa Barat. Mungkin juga kamu sudah menaikinya berulang kali. Memang, Gunung Papandayan terkenal dengan keindahannya, juga kemudahannya untuk dicapai.

Gunung Papandayan memang cenderung mudah didaki karena konturnya tak terlalu terjal seperti gunung-gunung lainnya di Indonesia. Pada awal trekking, kamu akan melewati sisa-sisa perbukitan vulkanik, bahkan masih ada sumber belerang yang aktif. Dari sini, kamu bisa melihat Hutan Mati, hutan yang terkenal dengan barisan pohonnya yang menghitam.

tegal panjang
Trek awal ke Papandayan
tegal panjang
Nanjak sedikitlah!
tegal panjang
Kamu bisa pasang tenda di Gober Hut

Biasanya pendaki akan lanjut menuju Pondok Salada, di sinilah banyak orang menginap. Tapi, kalau kamu sudah berulang kali ke Papandayan dan pengin punya pengalaman yang berbeda, kamu bisa lanjut berjalan ke Tegal Panjang.

Setelah kamu tiba di Pos Gober Hut, kamu tanyakan saja arah jalannya kepada penjaga pos yang ada.

Dari situ, kira-kira kamu perlu berjalan menembus hutan sekitar tiga jam. Kalau kamu sudah sering mendaki gunung, tentu kamu tahu perlengkapan yang mesti dibawa. Nah, sediakan selalu jas hujan. Di hutan yang masih lebat ini hujan sering turun secara mendadak.

Namun, rasa lelah menembus hujan dan hutan terbayar dengan keindahan lembah kehijauan. Dari jauh kita bisa melihat liuk-liuk di antara lembah itu, yang merupakan sungai kecil. Kamu bisa mengambil air dari sana. Perjalanan diteruskan hingga menuju bukit kecil di ujung lembah, di situlah kisa bisa memasang tenda untuk bermalam.

tegal panjang
Pohonnya berlumut
tegal panjang
Penuh kabut
tegal panjang
Lekukan sungai kecil\
tegal panjang
Keren banget!

Dan saat bangun esok paginya, bersiaplah untuk menyambut keindahan matahari terbit yang dihiasi kabut tebal. Udara di sini cukup dingin, kamu perlu membawa jaket tebal dan kaus kaki ekstra. Lokasi ini masih cukup alami dan terjaga, jadi kumpulkan selalu sampahmu dan bawa kembali. Jangan mengotori lingkungan sekitarmu.

Di belakang bukit ini juga terdapat hutan lebat yang memiliki dua jalur, sering dilewati oleh petani setempat. Kamu bisa memilih jalan pulang lewat hutan itu untuk tembus ke wilayah Pengalengan. Yang penting, kamu harus mengajak teman yang sudah pernah ke sana agar tidak tersesat. Jika perlu, ajaklah pemandu untuk mendampingi perjalananmu.

Write a Comment

POPULAR STORIES

news-img

Pantai Pasir Putih di Kei Kecil yang Serasa Pantai Pribadi

Maluku terkenal dengan keindahan pantai-pantainya, apalagi yang terdapat di Pulau Kei Kecil yang belakangan ini mulai ramai dibicarakan. Bagaimana, sih, pantai di Kei Kecil?

Dec 15, 2015
news-img

5 Hal Unik yang Bisa Kamu Temukan di Dieng

Ada banyak alasan untuk melakukan perjalanan ke Dataran Tinggi Dieng, desa di dekat Kota Wonosobo. Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu temukan di sana!

Feb 09, 2016

COMMENTS