CITY

Benteng Tolukko, Benteng Cantik di Pulau Ternate

img

Setelah puas mengelilingi Benteng Kalamata di wilayah selatan Ternate, saya menuju benteng lain di wilayah utara yang dibangun pula oleh Portugis. Benteng Tolukko namanya.

Dilihat dari depan, benteng ini terlihat megah karena berada di dataran tinggi. Tamannya juga terlihat terawat dan rapi, walaupun tak luas-luas amat. Benteng ini menurut saya terlihat sangat cantik. Benteng Tolukko dibangun pada tahun yang sama seperti Benteng Kalamata, dengan tujuan serupa pula, yaitu mempertahankan dominasi terhadap rempah-rempah.

Dilihat dari atas, ada yang menyebut benteng ini berbentuk seperti buah zakar, walaupun saya beranggapan bentuknya lebih mirip meriam. Benteng Tolukko juga sempat berganti nama menjadi Benteng Hollandia, mungkin karena pernah direbut oleh Belanda pada tahun 1610.

benteng tolukko
Panorama Gunung Tidore dilihat dari Benteng Tolukko
benteng tolukko
Lorong menuju bagian dalam benteng
benteng tolukko
Ruang bawah tanah

Dilihat dari luasnya, Benteng Tolukko lebih kecil daripada Benteng Kalamata, dan hanya memiliki tiga bastion (kubu pertahanan). Dari depan kita akan memasuki lorong sempit menuju tangga ke atas, ruangan utama benteng yang berbentuk persegi. Di sebelah kanan terdapat tangga terbuka menuju ruang bawah tanah, yang berfungsi sebagai tempat amunisi. Jalan menuju ruang bawah tanah ini cukup berbahaya saat gelap karena tidak ada penanda, kita mungkin saja bisa terjatuh tanpa sadar.

Uniknya benteng ini terbuat dari campuran batu kali dan batu karang yang diambil dari sekitar. Jika kita berdiri di tamannya dan memperhatikan sekeliling, akan terlihat betapa benteng ini berdiri di atas tebing bebatuan dari masa lampau. Ketika Gunung Gamalama menyemburkan lavanya dengan perkasa.

benteng tolukko
Pala, cengkih, dan kayu manis
benteng tolukko
Benteng Tolukko ini Instagramgenic juga!

Karena turut menjadi lokasi pengamatan Gerhana Matahari Total beberapa waktu lalu, di halaman parkir Benteng Tolukko dijual suvenir berupa rempah-rempah khas Ternate, yaitu pala, cengkih, dan kayu manis. Ada juga dijual kaus-kaus bertuliskan Ternate.

Write a Comment

POPULAR STORIES

news-img

Pantai Pasir Putih di Kei Kecil yang Serasa Pantai Pribadi

Maluku terkenal dengan keindahan pantai-pantainya, apalagi yang terdapat di Pulau Kei Kecil yang belakangan ini mulai ramai dibicarakan. Bagaimana, sih, pantai di Kei Kecil?

Dec 15, 2015
news-img

5 Hal Unik yang Bisa Kamu Temukan di Dieng

Ada banyak alasan untuk melakukan perjalanan ke Dataran Tinggi Dieng, desa di dekat Kota Wonosobo. Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu temukan di sana!

Feb 09, 2016

COMMENTS