TIPS

7 Skill yang Harus Dimiliki Traveler Sejati

img

Sebelum masuk ke skill, Jalan2Men mau memberi tahu bahwa sebenarnya tidak ada istilah sejati atau tidak sejati untuk seorang traveler. Kita tidak perlu menggolong-golongkan. Bukan status seperti itu yang dicari-cari oleh traveler, melainkan sebuah perjalanan yang menyenangkan dan menenangkan jiwa dan raga.

Jadi, kalau kamu mau menyebut dirimu traveler sejati atau traveler hemat atau traveler apa pun boleh, yang penting kamu cinta traveling dan mau menjaga alam sekitarmu di mana pun kamu berada.

Nah, berkaitan dengan sebuah perjalanan, ke mana pun itu, seorang traveler pasti ditantang untuk menghadapi berbagai hal baru yang ada di tempat tujuannya. Karena itu, Jalan2Men ingin memaparkan apa saja skill atau keahlian yang dibutuhkan untuk menemani perjalananmu agar lebih lancar dan menyenangkan.

Berikut keahlian yang harus kamu miliki.

1. Memanfaatkan fungsi gadget atau smartphone sebaik mungkin

Ini meliputi bagaimana cara menggunakan wi-fi, menyiasati supaya tidak kena roaming saat ke luar negeri, menggunakan apps yang mendukung perjalanan, seperti maps dan translator.

2. Dapat melakukan traveling seorang diri dengan aman

Ini tentunya didapat dari pengalaman perjalanan ke berbagai tempat yang kamu lakukan selama ini. Kamu jadi lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan, bisa mengobrol dengan orang di sekitarmu, dan menjaga diri dari bahaya.

skill traveling
Traveling sendiri? Enggak masalah.

3. Tahu caranya mendapatkan tiket murah

Semakin sering kamu berjalan-jalan, tentu semakin sering kamu berburu tiket. Bisa tiket pesawat, kereta, ataupun bus. Dari pengalaman tersebut kamu sudah mengetahui trik-trik untuk mendapatkan harga termurah sehingga kamu bisa traveling dengan lebih sering.

4. Makin efisien saat packing barang bawaan

Ini juga didapat dari jam terbangmu selama ini. Karena sudah sering melakukan perjalanan ke berbagai tempat, kamu tahu barang apa saja yang perlu dan tidak perlu dibawa. Jadi, bawaanmu lebih ringan dan praktis.

5. Bisa membuat itinerary atau rencana perjalanan sendiri

Nah, karena sudah banyak pengalaman dan sering mencari informasi di Internet ataupun dari orang-orang di sekitarmu, kamu sudah mahir menyusun rencana perjalanan. Ini termasuk menghitung anggaran yang dibutuhkan. Kamu juga bisa membuat rencana perjalanan yang kreatif dan unik.

skill traveling
Bisa memilih aktivitas yang kamu sukai.

6. Bisa menghemat uang saat traveling

Kamu jadi makin cerdas menggunakan uang dalam perjalananmu. Ini tentu saja butuh siasat. Misalnya, setelah hari pertama kamu mencoba kuliner lokal yang agak mahal, keesokan harinya kamu bisa mencari makanan yang lebih murah. Ini juga bisa diterapkan dengan memilih angkutan umum yang lebih murah. Pokoknya, kamu tahu di mana celah untuk menghemat anggaran.

skill traveling
Pergi berdua bisa lebih hemat juga.

7. Bisa menghasilkan foto traveling yang membuat orang lain terpukau

Kamu tahu foto-foto yang bakal bikin teman-temanmu iri atau berdecak kagum. Kamu juga tahu foto-foto apa yang perlu diambil dan tidak perlu diambil dari sebuah tempat yang kamu kunjungi. Pokoknya foto-fotomu makin berkualitas seiring jam terbang traveling-mu.

Bagaimana, kamu punya keahlian-keahlian di atas tidak? Kalau kamu punya usul tentang keahlian lainnya yang harus dimiliki seorang traveler, jangan lupa berbagi di kolom komentar di bawah, ya.

Write a Comment

POPULAR STORIES

news-img

Pantai Pasir Putih di Kei Kecil yang Serasa Pantai Pribadi

Maluku terkenal dengan keindahan pantai-pantainya, apalagi yang terdapat di Pulau Kei Kecil yang belakangan ini mulai ramai dibicarakan. Bagaimana, sih, pantai di Kei Kecil?

Dec 15, 2015
news-img

5 Hal Unik yang Bisa Kamu Temukan di Dieng

Ada banyak alasan untuk melakukan perjalanan ke Dataran Tinggi Dieng, desa di dekat Kota Wonosobo. Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu temukan di sana!

Feb 09, 2016

COMMENTS