FOOD

7 Kuliner Lezat Khas Cirebon yang Wajib Kamu Coba

img

Pelesiran di Kota Pesisir Cirebon enggak lengkap rasanya kalau belum mencicipi kelezatan kuliner khas kota udang ini. Karena terletak di antara Jawa Barat dan Jawa Tengah, Cirebon jadi punya keunikan budaya tersendiri yang kemudian tercermin pada kuliner khasnya.

Penasaran apa aja kuliner khas dari Bumi Gunung Jati ini? Simak daftarnya di bawah ini.

1. Nasi Jamblang

 

kuliner cirebon
Nasi Jamblang yang bisa di-customize

Ini makanan yang wajib dicoba kalau berkunjung ke Cirebon. Bentuknya memang terlihat sederhana, yaitu nasi putih dengan porsi kecil, tapi yang bikin nasi ini jadi unik adalah bungkusnya yang berupa daun jati yang berfungsi untuk menjaga kesegaran nasi.

Untuk lauknya, rata-rata rumah makan atau warung Nasi Jamblang menyajikannya secara prasmanan. Kia bisa pilih sendiri lauk yang kita inginkan, seperti ikan tongkol, tempe, oncom, dan berbagai macam jeroan.

Konon, Nasi Jamblang awalnya dibuat untuk para pekerja paksa pada era kolonial Belanda yang membangun Jalan Raya Daendels dari Anyer hingga Panarukan. Tapi, seiring waktu, hidangan ini tumbuh sebagai salah satu ikon kuliner Cirebon.

Rumah makan Nasi Jamblang yang bisa dicoba adalah Nasi Jamblang Bu Nur dan Nasi Jamblang Mang Dul yang berada di Jalan Cipto Mangunkusumo, salah satu jalan utama dan area CBD di Cirebon.

2. Empal Gentong

kuliner cirebon
Empal Gentong paling sedap di Cirebon

Nah, ini dia kuliner paling terkenal dari Cirebon. Empal gentong bisa dibilang juga ikon kuliner Nusantara karena bisa ditemukan di berbagai kota besar di Indonesia. Empal gentong adalah hidangan daging berkuah santan yang dicampur dalam wadah gentong dan dipanaskan oleh kayu bakar. Ada juga varian lain dari Empal Gentong, yaitu Empal Asem dengan kuah yang lebih bening dan rasa yang lebih asam.

Empal Gentong paling terkenal di Cirebon adalah Empal Gentong Mang Darma yang cabangnya ada di hampir setiap sudut Cirebon.

3. Nasi Lengko

kuliner cirebon
Cocok buat yang doyan sayur

Buat kamu yang vegetarian, ini makanan yang cocok buatmu. Nasi dengan lauk bermacam sayuran seperti tahu, tempe, taoge, mentimun, dan daun kucai yang disiram oleh kecap manis encer. Nasi Lengko yang paling terkenal berada di Gang Pagongan.

4. Docang

Sama seperti Nasi Lengko, bahan dasar Docang juga seluruhnya berasal dari sayur-sayuran. Perpaduan antara lontong, taoge, daun singkong, dan oncom yang kemudian dicampur sedikit bungkil kacang tanah dan diberi parutan kelapa. Biasanya Docang disajikan dengan parutan kelapa. Makanan ini unik banget.

5. Mie Koclok

kuliner cirebon
Cabein dikit biar enggak pucat

Mie yang satu ini cukup unik karena menggunakan kombinasi kaldu ayam dan santan sebagai kuah pelengkap. Mie Koclok juga dilengkapi berbagai macam sayuran dan daging ayam suwir. Biasanya, tempat makan Mie Koclok paling terkenal ada di Mie Koclok Rasita.

6. Sate Kalong

kuliner cirebon
Duh, enak banget kayaknya!

No, no, no ini bukan seperti Paniki dari Sulawesi yang memang berbahan dasar kelelawar. Nama Sate Kalong sendiri hanya istilah karena hidangan ini mulai dijual pada malam hari. Sate Kalong memakai bahan utama daging kerbau yang sudah ditumbuk hingga berbentuk pipih dan dibumbui berbagai macam bumbu manis, seperti gula merah, hingga memiliki rasa manis seperti dendeng.

Pedagang Sate Kalong biasanya berjualan keliling, tapi salah satu yang terkenal berada di gang di daerah Kesambi Dalam.

7. Ketan Bumbu

kuliner cirebon
Asyik buat camilan di kereta, nih!

Inilah camilan khas dan favorit di Cirebon. Bentuk ketan ini menyerupai lemper, tapi bukan berisi daging atau pelengkap apa pun. Pelengkap ketan ini adalah bumbu berupa serundeng yang terbuat dari kelapa dan udang.

Ketan bumbu yang paling terkenal adalah Ketan Bumbu Ny. Lani di kawasan Apun Kanoman dan Kesunean. Konon, Ketan Bumbu Ny. Lani adalah favoritnya SBY dan Bondan Winarno.

Itulah kuliner-kuliner lezat yang ada di Kota Cirebon, kira-kira apalagi, ya, kuliner lainnya yang enggak kalah nikmat di Kota Udang? Tinggalkan rekomendasimu di kolom komentar di bawah ini.

Write a Comment

POPULAR STORIES

news-img

Pantai Pasir Putih di Kei Kecil yang Serasa Pantai Pribadi

Maluku terkenal dengan keindahan pantai-pantainya, apalagi yang terdapat di Pulau Kei Kecil yang belakangan ini mulai ramai dibicarakan. Bagaimana, sih, pantai di Kei Kecil?

Dec 15, 2015
news-img

5 Hal Unik yang Bisa Kamu Temukan di Dieng

Ada banyak alasan untuk melakukan perjalanan ke Dataran Tinggi Dieng, desa di dekat Kota Wonosobo. Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu temukan di sana!

Feb 09, 2016

COMMENTS