FOOD

7 Kuliner Khas Aceh yang Wajib Kamu Coba

img

Jalan-jalan ke Aceh, negeri di ujung Sumatera, kurang lengkap rasanya tanpa melakukan wisata kuliner. Kuliner Aceh memang terkenal hingga ke seluruh Indonesia. Siapa yang tak kenal Mie Aceh, hidangan yang dijajakan di berbagai tempat di ibu kota Jakarta. Tak hanya itu, martabak Aceh juga biasanya menjadi favorit orang banyak.

Nah, saat berkunjung ke Aceh beberapa waktu lalu, beruntung Jalan2Men bisa mencicipi berbagai kuliner khas Aceh, mulai dari penganan ringan, makanan berat, hingga minuman menyegarkan. Mau tahu apa saya yang Jalan2Men santap selama di Aceh? Simak di bawah ini.

1. Ayam Tangkap

Ke Aceh wajib hukumnya untuk mencoba hidangan Ayam Tangkap, yaitu ayam kampung yang digoreng kering dengan bumbu garam dan kunyit, juga digoreng dengan jeruk nipis, daun kemurui, serai, daun jeruk purut, dan daun pandan. Saat disajikan, ayam goreng yang berminyak dijamin akan membuat lidah bergoyang. Ayam Tangkap dapat disantap dengan sambal kecap.

Salah satu rumah makan Ayam Tangkap yang bisa dikunjungi adalah Ayam Pramugari atau Rumah Makan Aditya Jaya di Banda Aceh. Letaknya sejalan dengan arah ke bandara, jadi bisa mampir begitu mendarat di Aceh.

kuliner aceh
Ayam Tangkap Pramugari

2. Mie Aceh

Ini mungkin favorit semua orang. Mie Aceh terkenal kaya bumbu dan rempah, dengan kuah kental yang menggugah selera. Mie Aceh memiliki beragam pilihan, sesuai topping yang diinginkan, misalnya kepiting, udang, cumi-cumi, dan daging sapi.

Warung Mie Aceh yang bisa didatangi salah satunya adalah Mie Aceh Bardi yang berada di Jalan Danubroto, Banda Aceh. Mie di sini sangat lezat, jangan lupa juga pesan es timun serut yang merupakan minuman khas Aceh yang tersedia di semua kedai atau rumah makan.

kuliner aceh
Mie Aceh Udang

3. Gulai Pliek U

Bahan utama gulai ini adalah kelapa parut yang sudah difermentasi selama sekitar dua hari, yang kemudian dimasak dengan beragam rempah-rempah. Kemudian, gulai kuning ini ditambah beragam sayur, seperti nangka, labu siam, daun melinjo, melinjo, dan kacang panjang.

Lebih uniknya lagi, di beberapa rumah makan, Gulai Pliek U ditambah dengan chu atau siput sungai. Dijamin, gulai ini membuat santap siangmu jadi makin nikmat. Jalan2Men mencicipi gulai ini di Rumah Makan Kaki Kulu di daerah Seungko Mulat, Lhoong, Kabupaten Aceh Besar.

kuliner aceh
Siputnya banyak

4. Gulai Kambing

Uniknya, Gulai Kambing di Aceh dimasak pula dengan potongan nangka muda. Rasa rempah-rempahnya sangat kuat sehingga daging kambing tak terasa amis atau bau. Buat penggemar daging kambing, menu gulai ini wajib dicoba. Restoran yang bisa didatangi adalah DiBlank yang berada di Jalan Rel Kereta Api, Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar.

5. Martabak Telur

Hampir sama dengan di Padang, martabak telur di Aceh terbuat dari tepung terigu yang dicampur dengan irisan daun bawang dan berbagai sayur. Biasanya martabak ini disajikan dengan acar bawang merah dan cabai rawit. Kedai martabak bisa ditemukan di sepanjang jalan di Kota Banda Aceh.

kuliner aceh
Martabak telur khas Aceh

6. Roti Selee Samahani

Ini salah satu camilan favorit Jalan2Men. Roti Selee sebenarnya adalah roti tawar yang menggunakan selai srikaya. Tentunya, selai srikaya yang dipakai diproduksi sendiri oleh warungnya, bukan dari selai botolan. Roti yang digunakan juga roti kampung yang sederhana, bukan roti tawar seperti pada umumnya. Tapi untuk urusan rasa, enak banget.

Coba ke daerah Samahani di Aceh Besar, di sepanjang jalan terlihat warung yang menjual Roti Selee.

kuliner aceh
Srikayanya melimpah

7. Sanger

Sanger adalah minuman kopi susu khas Aceh yang terbuat dari kopi saring, susu kental manis, dan gula. Sanger ini sangat nikmat karena dibuat dengan teknik kopi tarik. Semua warung kopi di Aceh menyediakan sanger, jadi mesti kamu coba. Biasanya kopi yang digunakan berjenis robusta atau yang mereka sebut kopi kampung. Tapi, ada juga yang menggunakan arabika.

Kamu bisa mampir ke Solong Coffee untuk menjajal kopi susu khas Aceh ini.

kuliner aceh
Sanger dingin menyegarkan!

Bagaimana, apa kamu sudah mencicipi kuliner-kuliner di atas? Kalau kamu punya hidangan khas Aceh yang ingin direkomendasikan, silakan tulis di kolom komentar.

Write a Comment

POPULAR STORIES

news-img

Pantai Pasir Putih di Kei Kecil yang Serasa Pantai Pribadi

Maluku terkenal dengan keindahan pantai-pantainya, apalagi yang terdapat di Pulau Kei Kecil yang belakangan ini mulai ramai dibicarakan. Bagaimana, sih, pantai di Kei Kecil?

Dec 15, 2015
news-img

5 Hal Unik yang Bisa Kamu Temukan di Dieng

Ada banyak alasan untuk melakukan perjalanan ke Dataran Tinggi Dieng, desa di dekat Kota Wonosobo. Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu temukan di sana!

Feb 09, 2016

COMMENTS