MOUNTAIN

7 Hal Keren dari Lembah Harau di Sumatera Barat

img

Jam Gadang di Bukittinggi, Danau Maninjau, Istana Pagaruyung, serta keripik Sanjay adalah beberapa hal yang umum dicari wisatawan saat jalan-jalan di Sumatera Barat. Provinsi asal Bung Hatta ini memang kaya akan potensi wisata, baik budaya, kuliner, dan tak ketinggalan alamnya. Salah satu potensi alam itu adalah Lembah Harau, yang sudah menjadi salah satu destinasi utama wisatawan dalam ataupun luar negeri.

Untuk kamu yang belum pernah ke Lembah Harau atau belum tahu apa keistimewaan tempat ini, baca saja 7 poin berikut ini.

1. Tebing granit tak berujung

Memasuki area lembah, kamu akan disambut pemandangan tebing granit yang seolah-olah tak berujung. Area lembah seluas sekitar 270 hektar ini dipagari tebing, jadi bisa dibayangkan berapa panjang tebing tersebut. Dinding raksasa ini sebagian ditumbuhi tanaman hijau dari sela-selanya. Bentangan lembah dan tebing bisa terlihat lebih megah lagi dari atas tebing air terjun Aka Berayun.

lembah harau
Tebing granit

2. Air terjun di mana-mana

Ada beberapa air terjun yang bisa kamu datangi, dari yang kecil hingga yang cukup besar dan tinggi kucurannya. Dua air terjun yang paling ramai dikunjungi karena paling mudah aksesnya adalah Aka Berayun, yang berada di tepi jalan beraspal dan bagian bawahnya sudah dibentuk seperti kolam, dan Sarasah Bunta yang lebih alami dan cukup ramai dikunjungi wisatawan keluarga. Jika tak keberatan sedikit trekking, kamu bisa ke Sarasah Gantiang. Di sana suasananya lebih sepi dengan pepohonan yang lebih rimbun.

Sarasah Gantiang
Sarasah Gantiang (credit: @diyantouchable)

3. Lembah bergema…ma..ma..ma..

Kapan lagi bisa berteriak sekencang-kencangnya dan tak ada yang menyuruh diam? Di Lembah Harau, mungkin kamu malah akan berlomba teriak dengan teman seperjalanan. Ya, karena di sana ada titik yang memantulkan suara hingga tujuh kali. Semakin kencang teriakanmu, semakin jelas dan banyak gema yang akan kamu dengar. Seru, deh! Tak usah malu dengan orang yang sedang lewat. Paling mereka sudah biasa dengan kelakuan turis seperti ini.

lembah harau
Ayo, teriak!

4. Hamparan sawah luas

Untuk kamu yang memelototi layar komputer setiap hari, inilah saatnya menyehatkan mata dengan pemandangan hijau dan segar, dan titik pandang sampai beratus-ratus meter ke depan. Pemandangan ini tak hanya bisa kamu nikmati sambil berkeliling naik sepeda, motor, atau jalan kaki, tapi juga dengan duduk santai di teras penginapan. Begitu bangun pagi dan mengintip ke luar jendela, kemungkinan besar bentangan sawah hijaulah yang kamu lihat.

lembah harau
Sawah menghijau

5. Panjat tebing

Beberapa titik tebing di Lembah Harau kerap dijadikan sarana untuk olahraga panjat tebing. Melihat tebing setinggi antara 80 hingga 300 meter ini, pemanjat mana yang tak tergoda untuk memanjatnya? Bukan hanya bagi wisatawan domestik, tebing granit di sini juga menjadi favorit bagi banyak pemanjat tebing manca negara. Kamu berani mencoba memanjat tebing Lembah Harau?

lembah harau
Mari memanjat!

6. Ngalau Seribu

Ngalau berarti gua. Bisa ditebak, Ngalau Seribu berarti ‘ada banyak gua’. Gua-gua kecil dengan posisi horizontal ataupun vertikal ini berada di dalam hutan, yang biasa ditempuh dengan hiking selama 2 sampai 3 jam dari pos masuk Ngalau Seribu. Para pencinta kegiatan alam biasanya akan tertantang untuk memasuki gua-gua ini, baik yang bisa dijalani dengan berjalan tegak maupun harus merayap. Walaupun sudah biasa hiking, sebaiknya kamu menggunakan jasa pemandu agar tidak tersesat karena tidak ada petunjuk jalan apa pun menuju Ngalau Seribu.

lembah harau
Ngalau Seribu (credit: diyantouchable)

7. Rumah Tan Malaka

Tan Malaka adalah sosok dari zaman perjuangan Indonesia yang masih cukup kontroversial hingga kini. Sebagian masyarakat Indonesia menganggapnya musuh bagi ideologi bangsa, sebagian justru menganggapnya pahlawan. Terlepas dari itu, ia memiliki nama besar dan sepak terjangnya dalam dunia politik tak bisa diabaikan. Berasal dari desa Pandam Gadang, hanya sekitar 45 km dari Lembah Harau, rumah kelahirannya itu kini dijadikan museum sederhana mengenai dirinya. Tempat ini bisa kamu jadikan tujuan jalan-jalan di sekitar Lembah Harau, sekalian menikmati pemandangan indah di perjalanan.

lembah harau
Rumah Tan Malaka

Jadi, kapan kamu akan ke Lembah Harau?

Write a Comment

POPULAR STORIES

news-img

Pantai Pasir Putih di Kei Kecil yang Serasa Pantai Pribadi

Maluku terkenal dengan keindahan pantai-pantainya, apalagi yang terdapat di Pulau Kei Kecil yang belakangan ini mulai ramai dibicarakan. Bagaimana, sih, pantai di Kei Kecil?

Dec 15, 2015
news-img

5 Hal Unik yang Bisa Kamu Temukan di Dieng

Ada banyak alasan untuk melakukan perjalanan ke Dataran Tinggi Dieng, desa di dekat Kota Wonosobo. Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu temukan di sana!

Feb 09, 2016

COMMENTS