DESTINATION

7 Destinasi Wisata di Banda Aceh yang Wajib Dikunjungi (Part 2)

img

Setelah puas menjelajahi Benteng Indra Patra, Pantai Lhok Mee, dan Gampong Nusa di daerah Kabupaten Aceh Besar, saatnya menjelahi destinasi lain di sekitar Banda Aceh. Ini dia daftarnya.

4. Geureutee

destinasi aceh
Keren!

Ini adalah wilayah pegunungan yang berada di jalur menuju Meulaboh dari Banda Aceh. Nah, sepanjang jalan menuju Geureutee pemandangannya sangat indah, di kiri perbukitan dengan hutan lebat dan di kanan laut dengan ombak yang bergulung. Wilayah ini disebut Pantai Barat Aceh.

Sebelum mobil menanjak ke puncak, kamu akan menemukan semacam danau atau laguna yang menyambung dengan laut. Di sini banyak orang datang untuk berenang dan menikmati pemandangan. Tak jauh dari situ, ada juga Pantai Kaki Geureutee yang berombak kencang dan sangat indah.

Di puncak Geureutee berjajar kedai kopi dengan pemandangan menghadap pulau-pulau kecil di sisi barat Aceh. Singgahlah di salah satu kedai dan nikmati secangkir kopi dengan suasana sejuk dan damai.

destinasi aceh
Sambil ngopi makin seru!

5. Pantai Lampuuk

destinasi aceh
Pantai Lampuuk yang terkenal

Masih  dari wilayah Aceh Besar, sekitar 15 km dari Banda Aceh, ada sebuah pantai berpasir putih yang menjadi primadona pariwisata Aceh. Pantai Lampuuk namanya.

Dahulu pariwisata di pantai ini sempat terhenti karena adanya bencana tsunami, tapi kini pantai ini kembali bersinar dan menarik perhatian banyak turis lokal ataupun mancanegara. Pantai Lampuuk memiliki ombak cukup besar, karena itu ia menjadi favorit para peselancar.

Kalau melancong ke Aceh, jangan lupa mampir ke Pantai Lampuuk. Di sekitar pantai ini juga sudah tersedia banyak penginapan dan rumah makan.

6. Masjid Tuha Indrapuri

destinasi aceh
Masjid bergaya Hindu

Terletak di wilayah Kecamatan Indrapuri, Masjid Tuha atau yang berarti masjid tua adalah bangunan peninggalan pemerintahan Sultan Iskandar pada tahun 1607-1636. Jelas sekali, arstitektur bangunan masjid dengan atap bertingkat merupakan pengaruh dari masuknya agama Hindu di Aceh.

Masjid sederhana ini pernah mengalami beberapa renovasi, tapi tidak menghilangkan bagian utama bangunan aslinya. Seperti tiang pasak masjid yang tak menggunakan paku dan menara kayu yang dibangun di sebelahnya.

Masjid ini juga menjadi saksi pengangkatan Sultan Muhammad Daudsyah, sultan terakhir di Aceh, pada tahun 1878. Saat ini Masjid Tuha Indrapuri masih berfungi sebagai tempat ibadah masyarakat sekitar dan tempat perayaan keagamaan.

destinasi aceh
Masjid yang sangat sederhana

7. Masjid Gurah Peukan Bada

destinasi aceh
Masjid yang berasal dari kubah

Masjid ini berada di Desa Gurah, Peukan Bada, Aceh Besar. Kini disebut juga Masjid Al-Tsunami. Sebenarnya, ini bukan masjid dan kita tak bisa beribadah di dalamnya. Jika ingin beribadah, ada musala sementara yang dibangun di sampingnya.

Bangunan ini adalah kubah dari sebuah masjid di Desa Lamteungoh yang terseret sekitar 2,5 kilometer ke Desa Gurah. Padahal, kabarnya berat kubah ini mencapai 80 ton. Letaknya berada di tengah sawah warga, mintalah petunjuk warga sekitar jika ingin mengunjunginya.

Di sekitar masjid juga dibuat sebuah pondok yang berisi informasi tentang bencana tsunami tahun 2004 silam.  Tersimpan juga Al-quran yang juga ikut terseret bersama kubah itu. Kalau berkunjung ke sini, jangan lupa juga untuk membeli suvenir khas yang dijual oleh warga setempat, ya. Dukung pariwisata lokal, ya!

destinasi aceh
Al-quran yang ikut terbawa tsunami

Nah, demikian 7 destinasi wisata di sekitar Banda Aceh yang bisa kamu kunjungi saat melancong ke sana. Kalau kamu punya rekomendasi destinasi menarik lainnya, boleh banget berbagi di kolom komentar di bawah.

Write a Comment

POPULAR STORIES

news-img

Pantai Pasir Putih di Kei Kecil yang Serasa Pantai Pribadi

Maluku terkenal dengan keindahan pantai-pantainya, apalagi yang terdapat di Pulau Kei Kecil yang belakangan ini mulai ramai dibicarakan. Bagaimana, sih, pantai di Kei Kecil?

Dec 15, 2015
news-img

5 Hal Unik yang Bisa Kamu Temukan di Dieng

Ada banyak alasan untuk melakukan perjalanan ke Dataran Tinggi Dieng, desa di dekat Kota Wonosobo. Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu temukan di sana!

Feb 09, 2016

COMMENTS