DESTINATION

7 Destinasi Wisata di Banda Aceh yang Wajib Dikunjungi (Part 1)

img

Siapa bilang Aceh cuma terkenal dengan wisata baharinya, seperti Pulau Weh dan sekitarnya. Ada banyak destinasi menarik lainnya yang bisa dikunjungi di Aceh begitu kamu turun dari pesawat. Kalau memang berencana untuk menyeberang ke Sabang dan sebelumnya ingin tinggal beberapa hari dahulu di Banda Aceh, berarti kamu punya kesempatan untuk menjelajahi objek wisata di sekitar pusat kota.

Nah, destinasi wisata di sekitar Banda Aceh cukup bervariasi, dari alam hingga sejarah dan budaya.

Berikut ini 7 destinasi wisata di sekitar Banda Aceh yang bisa kamu kunjungi.

1. Benteng Indra Patra

destinasi aceh
Benteng kedua yang berfungsi sebagai pertahanan

Benteng ini berada di Desa Ladong di Kecamatan Masjid Raya, Kabupaten Aceh Besar. Jaraknya sekitar 30 menit dengan mobil dari Banda Aceh ke arah timur. Uniknya, Benteng Indra Patra dibangun pada masa masuknya agama Hindu pertama kali ke Aceh pada tahun 604. Ketika itu, Putra Raja Harsya yang berkuasa di India menyelamatkan diri ke Aceh dari kejaran musuhnya.

Di Aceh, mereka membangun Kerajaan Lamuri dan menyisakan jejak peninggalannya hingga kini. Salah satunya adalah Benteng Indra Patra yang berada di pinggir pantai ini.

Ada 2 bangunan utama di sini, dengan kondisi yang sayangnya cukup hancur. Di bangunan utama yang berposisi paling depan terdapat 2 stupa dengan kubah di atasnya. Di dalamnya terdapat sumur yang konon digunakan untuk ritual umat Hindu.

Hingga Islam masuk ke Aceh dan Sultan Iskandar Muda memimpin, benteng ini tetap digunakan sebagai basis pertahanan melawan Portugis. Suasana alam di sekitar benteng ini sangat indah, kita bisa melihat perbukitan menghijau serta ombak laut di kejauhan. Selain itu, padang rumput di sekitar benteng sangat mirip dengan suasana di Bekol, Taman Nasional Baluran.

destinasi aceh
Kenapa ada sampah? :(
destinasi aceh
Bangunan yang masih utuh

2. Pantai Lhok Mee

destinasi aceh
Pantainya masih alami

Pantai ini berada tak jauh dari Benteng Indra Patra, masih di wilayah Kecamatan Masjid Raya, Kabupaten Aceh Besar. Pertanda sebelum tiba di Pantai Lhok Mee adalah kita akan melewati Bukit Soeharto. Dinamakan Soeharto karena mantan presiden kita itu pernah mencanangkan penghijauan di bukit tersebut.

Perjalanan menuju Pantai Lhok Mee sangat indah, kita akan melewati jalan menanjak dengan padang rumput di sisi jalan. Mirip di daerah timur Indonesia. Nah, tak lama kamu akan menemukan papan petunjuk bertuliskan Pantai Pasir Putih. Di situlah Pantai Lhok Mee berada.

Pantai ini memang memiliki pasir yang putih dan ikonnya adalah pohon geurumbang. Pohon-pohon ini tumbuh di pinggir pantai dan akan terendam saat air pasang. Menciptakan pemandangan yang sangat unik. Kita bisa berenang atau sekadar duduk-duduk di pondok-pondok yang tersedia untuk menikmati suasana.  Pokoknya seru banget!

destinasi aceh
Saat laut surut

3. Desa Wisata Gampong Nusa

destinasi aceh
Selamat datang di Gampong Nusa!

Masih dari Kabupaten Aceh Besar, kali ini kita bergeser ke Kecamtan Lhoknga. Di sini terdapat sebuah desa wisata yang sedang dikembangkan oleh komunitas pemuda. Gampong Nusa namanya. Gampong adalah kampung dalam bahasa Aceh.

Kalau berkunjung ke desa ini, kita bisa merasakan paket lengkap wisata Aceh, dari wisata alam, kuliner, hingga budaya. Kita bisa menyaksikan sekaligus mengikuti tarian tradisional di sana, bisa mempelajari cara membuat kerajinan tangan dan berbagai hidangan khas Aceh.

Kalau kamu penasaran seperti apa paket wisata yang ditawarkan desa agraris ini, langsung saja berkunjung ke Gampong Nusa!

destinasi aceh
Para gadis saat menyambut pengunjung
destinasi aceh
Gilang Ramadhan berkolaborasi dengan seniman lokal

*Bersambung

Write a Comment

POPULAR STORIES

news-img

Pantai Pasir Putih di Kei Kecil yang Serasa Pantai Pribadi

Maluku terkenal dengan keindahan pantai-pantainya, apalagi yang terdapat di Pulau Kei Kecil yang belakangan ini mulai ramai dibicarakan. Bagaimana, sih, pantai di Kei Kecil?

Dec 15, 2015
news-img

5 Hal Unik yang Bisa Kamu Temukan di Dieng

Ada banyak alasan untuk melakukan perjalanan ke Dataran Tinggi Dieng, desa di dekat Kota Wonosobo. Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu temukan di sana!

Feb 09, 2016

COMMENTS