TIPS

6 Tips Travel Photography Sesuai Destinasi yang Kamu Tuju

img

Traveling dan fotografi saat ini memang semakin sulit dipisahkan. Banyak orang berharap mereka dapat membawa pulang foto-foto bagus saat traveling. Ini tentunya karena sebagian besar pejalan ingin berbagi foto-foto bagusnya ke berbagai sosial media.

Nah, di berbagai sosial media pun bertebaran berbagai foto destinasi di Indonesia, mulai dari gunung, pantai, hingga bawah laut. Tapi, ada beberapa yang saya perhatikan sering mengedit fotonya secara berlebihan, misalnya pada saat cuaca mendung dan langit kelabu. Langit yang seharusnya terlihat kelabu berubah biru dan penuh awan putih.

Itu boleh saja, tapi bukan berarti harus sering-sering dilakukan. Ada tips dan trik yang perlu kamu siasati untuk menghadapi cuaca yang tak selalu cerah.

Berikut ini 6 tips untuk menghasilkan foto bagus sesuai dengan destinasi yang kamu tuju.

1. Laut

Indonesia memiliki banyak sekali pantai dan lautan yang indah. Mungkin kamu takkan terlalu kesulitan menghasilkan foto yang bagus di pantai. Apalagi kalau kamu memotret saat sunrise dan sunset, dijamin gradasi warna langit akan menghasilkan foto yang keren.

Yang perlu diingat, jangan memotret pantai di tengah hari bolong karena cahanya akan sangat tajam dan sering kali membuat foto backlight. Selain itu, supaya tidak membosankan dan pasaran, kamu harus memilih objek di pantai yang unik, misalnya ada kerang berwarna di pasir putih atau daun kelapa yang terbawa ombak. Cari objek yang unik !

tips fotografi
Objek bayangan pohon kelapa

2. Gunung

Kalau kamu senang mendaki gunung pasti kamu akan sering menemukan pemandangan yang sangat memukau. Gunung memang selalu terlihat megah dan mengesankan saat difoto. Untuk menekankan hal itu, kamu bisa berpose di depannya untuk menciptakan kesan perbandingan antara ukuran manusia yang begitu kecil dibandingkan gunung.

Kamu juga bisa memotret kakimu yang menghadap ke gunung sebagai foreground. Jika ada jalan setapak yang unik, fotolah, begitu pula pohon dan objek lainnya. Kamu juga bisa menggunakan pakaian gunung atau tas yang berwarna cerah agar terlihat kontras saat difoto di gunung.

tips fotografi
Manusia kecil banget

3. Salju

Di Indonesia mungkin memang tidak ada salju, tapi kamu bisa mengaplikasikan tips ini saat traveling ke luar negeri di musim salju. Memotret pemandangan bersalju di siang hari biasanya cukup sulit karena menghasilkan foto yang terlalu terang, sampai-sampai terlihat over.

Tipsnya adalah kamu perlu menyetel exposure kameramu ke +1 atau bisa juga menggunakan format RAW agar kamu bisa mengedit hasilnya nantinya. Perhatikan juga jika kamu ingin dipotret di tengah salju, gunakan pakaian berwarna cerah.

tips fotografi
Silau banget, kan?

4. Berada di air

Dahulu memotret di air mungkin adalah hal mustahil, tapi tidak begitu sekarang. Banyak orang yang sudah memamerkan foto di dalam air. Kamu bisa menghasilkan foto ini dengan kamera antiair atau memakai case antiair. Foto di bawah air biasanya juga akan menghasilkan kesan yang sangat bagus. Yang penting, potretlah objek yang tepat, misalnya yang kontras dengan warna air, dan aksi yang dilakukan temanmu.

Ingatlah, jangan memotret dengan angle yang terlalu lebar karena biasanya hasilnya kurang bagus. Sekarang juga kamu bisa menggunakan Dome untuk menghasilkan foto setengah di bawah air dan setengah di atas air untuk menghasilkan foto yang unik.

5. Mendung atau hujan

Siapa bilang warna kelabu selalu membosankan? Manfaatkan suasana ini dengan memotretnya, kamu bisa berkreasi dengan mode BW atau mencari objek yang cerah untuk dipotret. Kamu bisa menyuruh temanmu memakai payung yang berwarna cerah lalu fotolah, hasilnya akan bagus. Kamu juga bisa memanfaatkan suasana untuk menghasilkan foto muram yang dramatis.

6. Malam hari

Jujur saja, foto pada malam hari memang membutuhkan persiapan lebih banyak. Kamu harus memiliki perlengkapan kamera yang memadai. Yang perlu kamu perhatikan adalah mencari sumber cahaya untuk menerangi objek yang ingin kamu foto. Kalau kamu ingin memotret bintang atau Milky Way, kamu bisa melihatnya di sini.

tips fotografi
Sumber cahaya

Bagaimana, bermanfaat bukan tips untuk memotret sesuai destinasi yang kamu tuju? Kalau kamu punya tips lain yang menarik, jangan lupa berbagi di kolom komen di bawah, ya.

Write a Comment

POPULAR STORIES

news-img

Pantai Pasir Putih di Kei Kecil yang Serasa Pantai Pribadi

Maluku terkenal dengan keindahan pantai-pantainya, apalagi yang terdapat di Pulau Kei Kecil yang belakangan ini mulai ramai dibicarakan. Bagaimana, sih, pantai di Kei Kecil?

Dec 15, 2015
news-img

5 Hal Unik yang Bisa Kamu Temukan di Dieng

Ada banyak alasan untuk melakukan perjalanan ke Dataran Tinggi Dieng, desa di dekat Kota Wonosobo. Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu temukan di sana!

Feb 09, 2016

COMMENTS