TIPS

6 Tips Nyaman Naik Pesawat Terbang yang Harus Kamu Ketahui

img

Apa kamu tipe orang yang gugup saat menghadapi pengalaman terbang pertama kali? Atau kamu masih belum biasa terbang ke suatu destinasi? Tenang! Kami punya beberapa tips yang bisa membantu kamu agar mendapatkan pengalaman terbang yang lebih nyaman dan menyenangkan.

Enam tips di bawah ini mencakup beberapa hal yang bisa kamu lakukan sebelum akhirnya pasrah di kursi penumpang.

1. Jangan Terlambat!

Ketinggalan pesawat terbang tidak seperti ketinggalan kereta api, masih bisa dikejar setelah keretanya mulai bergerak. Kalau sampai terlambat, bisa-bisa kamu harus membeli tiket baru. Yang paling penting jangan terlambat check-in. Meskipun pesawatnya belum terbang, saat meja check-in sudah tutup kamu tetap tidak bisa naik pesawat terbang.

Pastikan kamu sudah berada di bandara paling tidak satu jam sebelum jam keberangkatan untuk menyelesaikan urusan administrasi. Setelah check-in, kamu boleh merasa sedikit lebih tenang karena nama kamu sudah terdaftar sebagai penumpang yang pasti berangkat. Jadi, saatkamu telat masuk pesawat terbang atau boarding, maskapai penerbangan akan berusaha mencari kamu sebelum akhirnya terbang. Kalau kamu tetap tidak muncul, ya, ditinggal juga, sih.

2. Pilih Kursi Favoritmu!

Saat melakukan proses adminsitrasi di meja check-in, kamu punya kesempatan untuk memilih posisi kursi di pesawat. Kalau kamu ingin melihat pemandangan, pilihlah kursi di dekat jendela atau window seat agar kamu bisa melihat gumpalan awan atau permukaan bumi dari ketinggian tertentu.

Kalau pemandangan itu malah membuat kamu gugup, pilih saja kursi lorong atau aisle. Posisi ini juga lebih baik buat kamu yang beser atau harus sering ke toilet. Kalau sudah tidak kebagian kursi yang kamu inginkan, apa boleh buat. Yang penting, tetap berangkat, kan?

3. Simpan boarding Pass dan KTP di Tempat yang Mudah Dijangkau

tips naik pesawat
Siapkan di tempat yang terjangkau.

Agar proses administrasi lancar, usahakan kamu menyimpan KTP dan boarding pass di tempat yang mudah dijangkau, seperti saku di luar tas atau di dalam saku celana. Ada banyak gerbang yang harus dilalui sebelum naik ke pesawat dan melibatkan pengecekan identitas dan boarding pass.

Kalau kamu menyimpan surat-surat tersebut di tempat yang susah dijangkau, kamu akan menghambat antrean dan proses naik ke pesawat jadi lama. Mungkin kamu ingin menentengnya saja, tapi hati-hati karena besar kemungkinan kamu menjatuhkan atau meletakkannya di sembarang tempat tanpa disengaja.

4. Kurangi Barang Bawaan ke Dalam Kabin

tips naik pesawat
Bawa satu tas saja supaya tidak repot.

Supaya tidak repot, usahakan bawa barang sedikit saja ke dalam kabin pesawat. Sisanya masukkan ke bagasi. Idealnya kamu membawa satu tas kecil berisi barang-barang berharga yang tidak mungkin disimpan di bagasi, seperti HP, laptop, charger, powerbank, kamera, dompet, dan surat-surat berharga. Tas ini bisa diletakkan di kabin atas atau di bawah kursi di depan kamu (kecuali untuk kursi darurat).

Kalau perlu bawa dua tentengan, usahakan kecil-kecil saja karena kamu akan makan jatah penyimpanan tas orang lain dan kamu bisa kerepotan saat menyimpan dan mengambilnya lagi. Selain itu, perjalanan dari saat check-in sampai pesawat bisa cukup jauh, tergantung sebesar apa bandaranya. Kemungkinan kamu harus berjalan kaki dan menenteng semua barang bawaan. Bawaan berat bakal menyusahkan, lho!

5. Bawa Penghangat Badan Tambahan

tips naik pesawat
Supaya enggak kedinginan.

Pada ketinggian sekitar 30.000 kaki atau lebih, suhu udara sebenarnya sangat dingin sehingga pesawat harus menggunakan penghangat di dalam kabin agar penumpang tetap nyaman. Namun, suhu standar setiap pesawat dan ketahanan orang terhadap suhu dingin berbeda-beda. Lebih baik kamu membawa penghangat badan seperti jaket, sweter, atau syal ke dalam kabin karena kamu tidak tahu pasti suhu di atas pesawat saat mencapai ketinggian tersebut. Kalaupun tidak kedingian, setidak-tidaknya kamu sudah bersiap untuk segala macam keadaan.

6. Siapkan Bahan Hiburan untuk Penerbangan Panjang

Penerbangan panjang bisa berdurasi mulai 3 jam hingga 8 jam. Mungkin saja kamu bakal bosan karena ruang gerak yang terbatas dan pemandangan yang begitu-begitu aja. Tidak selamanya semua pesawat ada TV, terutama maskapai dengan budget rendah. Kalaupun ada majalah, belum tentu menarik untuk dibaca lama-lama. Karena itu, siapkan peralatan hiburan sendiri dan bawa masuk ke kabin. Buku bacaan, buku mewarnai, atau permainan dan film di HP ataupun tablet.

Sekarang kamu sudah sedikit lebih siap menghadapi pengalaman naik pesawat. Kalau masih gugup juga, ingat saja bahwa tujuan di ujung perjalanan siap menyambut kamu. Pesawat terbang akan membantu kamu untuk sampai lebih cepat! Selamat terbang!

Write a Comment

POPULAR STORIES

news-img

Pantai Pasir Putih di Kei Kecil yang Serasa Pantai Pribadi

Maluku terkenal dengan keindahan pantai-pantainya, apalagi yang terdapat di Pulau Kei Kecil yang belakangan ini mulai ramai dibicarakan. Bagaimana, sih, pantai di Kei Kecil?

Dec 15, 2015
news-img

5 Hal Unik yang Bisa Kamu Temukan di Dieng

Ada banyak alasan untuk melakukan perjalanan ke Dataran Tinggi Dieng, desa di dekat Kota Wonosobo. Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu temukan di sana!

Feb 09, 2016

COMMENTS