TIPS

6 Tips Memilih Ransel untuk Traveling

img

Sudah banyak beredar tips dan trik di Internet tentang cara memilih ransel, seperti rekomendasi merek, tipe, pertimbangan ukuran, bahan, dan fungsi. Banyaknya informasi pemilihan ransel sangatlah penting karena berhubungan erat dengan kesehatan punggung. Jika kamu memilih ransel secara asal-asalan, nantinya kamu bakal mengalami sakit punggung. Itu konsekuensi cukup fatal.

Oleh karena itu, kamu harus memilih, kalau perlu berinvestasi, pada ransel yang baik. Investasi di sini bukan berarti harus membeli ransel mahal, tapi bisa berarti berinvestasi waktu dan tenaga saat membandingkan barang. Berikut beberapa tips yang perlu kamu pertimbangkan saat memilih ransel yang tepat untuk perjalanan wisatamu.

1. Tujuan

Kamu harus tahu tujuan kamu beli ransel. “Ya, buat bawa barang saat traveling, kak!” Iya, tapi kamu harus pertimbangkan jenis perjalanan seperti apa yang akan sering kamu lakukan. Banyak yang bilang makin besar ransel, makin baik, padahal belum tentu benar.

Kalau kamu punya ransel besar, kamu akan cenderung membawa banyak barang sehingga semakin membebani punggungmu. Saran kami, ransel berukuran 40 liter cukup untuk perjalanan dalam jangka waktu 3 hari hingga 3 minggu (dengan catatan kamu rajin mencuci baju saat perjalanan).

Lebih lama dari itu atau untuk keperluan naik gunung kamu perlu menggunakan ransel berukuran lebih besar. Untuk merek, kamu bisa mempertimbangkan merek peralatan naik gunung yang dirancang untuk perjalanan jauh dan lama.

2. Tali pengikat di pinggang dan dada

Banyak yang meremehkan fungsi kedua tali pengikat tersebut. Letaknya mungkin agak aneh dan membuat kamu terlihat seperti lontong yang diikat kekencangan, tapi sesungguhnya tali ini sangat membantu. Beban dari punggung akan didistribusikan ke pinggang dan dada jika tali tersebut dikancingkan dengan benar.

Perlu diperhatikan juga, tali pada ransel yang dirancang untuk cewek berbeda dengan ransel yang dirancang untuk cowok. Tali pada ransel cewek lebih berlekuk untuk menyesuaikan bentuk dada dan pinggang, sedangkan tali pada ransel cowok cenderung lurus.

3. Rangka punggung

Rangka ransel cewek dan cowok memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda. Mungkin sekilas rasanya sama, tapi dampaknya akan terasa dalam jangka waktu lama. Cewek cenderung kurang cocok menggunakan ransel dengan rangka cowok karena memiliki torso yang relatif lebih pendek. Rangka ransel cowok cenderung lebih panjang sehingga menyulitkan cewek mendongak karena tengkuknya akan terhalang rangka.

Hal ini tampak tidak penting, tapi akan mengganggu kalau kamu sering menggunakan ransel tersebut. Sebaliknya, cowok cenderung tidak bermasalah saat menggunakan ransel dengan rangka cewek, tapi ada kemungkinan rangka tersebut terlalu pendek dan kurang mendukung jumlah barang bawaan cowok, terutama karena barang cowok lebih besar dan persediaan makanan yang diperlukan lebih banyak.

tips memilih ransel
Ransel pria dengan torso terlalu tinggi

4. Mencoba ransel

Sebelum membeli, ada baiknya kamu mencoba ransel tersebut di toko. Jangan hanya memanggulnya saja, kamu juga harus menggunakan semua tali pengikat. Kalau bisa, ransel diisi dengan sedikit barang agar distribusi beratnya terasa di punggung. Lalu cobalah berlari menggunakan ransel tersebut. Ransel yang nyaman adalah ransel yang tidak berguncang saat kamu berlari.

Hal ini perlu kamu lakukan karena sesungguhnya akan ada kemungkinan kamu dikejar anjing atau terbirit-birit mengejar kereta saat melakukan perjalanan. Tentunya kamu tidak ingin ranselmu seperti beban yang mengganggu, kan?

Alternatif lain adalah mencoba ransel teman sebelum membeli ransel sendiri sehingga kamu bisa mempertimbangkan hal-hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli ranselmu sendiri.

5. Harga

Ransel yang tepat untuk kamu tidak mesti ransel mahal. Ada beberapa ransel yang terbilang cukup bagus dari merek mahal karena rancangan dan bahan ransel memang sangat dipikirkan. Namun, bukan berarti ransel lebih murah pasti kalah bagus. Merek lokal biasanya lebih terjangkau dan lebih cocok untuk ukuran badan orang Indonesia.

Lakukan banyak survei, baca ulasan produk, dan banyak tanya di forum-forum. Kalau ransel baru masih terlalu mahal, kamu juga bisa mencari ransel di forum jual-beli dengan harga miring atau pada laman penjualan barang bekas.

6. Jangan takut ganti

Kalau kamu sudah mempertimbangkan segala aspek di atas, seharusnya kamu sudah mendapatkan ransel yang tepat. Tapi, tidak menutup kemungkinan ransel itu tidak cocok setelah digunakan pada beberapa perjalanan. Kalau dirasa tidak nyaman, jangan ragu mengganti ransel. Ingat! Ransel berhubungan dengan kesehatan punggung dan kesehatan punggung penting banget.  Lebih baik kamu melepaskan ransel tersebut daripada risiko sakit punggung di masa depan.

tips memilih ransel
Ransel besar untuk perjalanan lama

Demikian beberapa tipa dan trik dari kami tentang pemilihan ransel. Kalau kamu punya ransel favorit dan mau berbagi tips pembelian ransel, bisa kamu lakukan di bagian komen. Semoga informasinya membantu, ya.

Write a Comment

POPULAR STORIES

news-img

Pantai Pasir Putih di Kei Kecil yang Serasa Pantai Pribadi

Maluku terkenal dengan keindahan pantai-pantainya, apalagi yang terdapat di Pulau Kei Kecil yang belakangan ini mulai ramai dibicarakan. Bagaimana, sih, pantai di Kei Kecil?

Dec 15, 2015
news-img

5 Hal Unik yang Bisa Kamu Temukan di Dieng

Ada banyak alasan untuk melakukan perjalanan ke Dataran Tinggi Dieng, desa di dekat Kota Wonosobo. Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu temukan di sana!

Feb 09, 2016

COMMENTS