FOOD

6 Restoran yang Mesti Kamu Coba di Yogyakarta

img

Yogyakarta yang merupakan Kota Budaya dan juga Kota Pelajar punya banyak sekali pilihan restoran dengan cita rasa lezat dan harga bersahabat. Perpaduan yang sangat menyenangkan, bukan? Kali ini saya akan memberikan beberapa rekomendasi tempat makan di Yogyakarta. Tenang, rekomendasinya beragam, mulai dari makanan khas Yogyakarta sampai makanan internasional. Yuk, kita mulai!

1. Gudeg Permata

Apa makanan khas Yogyakarta? Gudeg! Ya, betul sekali! Kalau main ke Yogyakarta tapi tidak makan gudeg, sama saja seperti ke Paris tapi tidak mengunyah satu Roti Sabit (croissant) pun. Jauh amat Yogyakarta terus tiba-tiba loncat ke Paris. Pokoknya kamu tidak boleh melewatkan gudeg kalau ke Yogyakarta.

Secara garis besar, ada dua macam tipe gudeg, yaitu gudeg kering dan gudeg basah. Gudeg kering biasanya dijual sepanjang hari, sedangkan gudeg basah kebanyakan dijual pada malam hari.

Gudeg Permata, berlokasi di Jalan Gajah Mada, menjual tipe gudeg basah. Gudegnya gurih, manis, dan pastinya lezat. Gudeg disajikan dengan nasi putih, sambal krecek, dan sayur tempe. Bisa juga ditambahkan telur, ayam, uritan, atau baceman. Gudeg Permata buka pukul 9 malam dan langsung diserbu pengunjung. Harga satu porsi nasi gudeg telur sekitar Rp10.000.

2. Meditteranea Restaurant by Kamil

Mediterranea Restaurant by Kamil yang terletak di Jalan Tirtodipuran adalah bintang bagi para ekspatriat di Yogyakarta. Tempat ini selalu ramai dikunjungi ekspatriat saat makan malam. Mediterranea Restaurant mengusung menu makanan Prancis dan punya banyak pilihan anggur.

Satu menu makanan dengan presentasi dan cita rasa seharga minimal Rp150.000 di Jakarta, hanya dibanderol sekitar Rp70,000 di restoran ini. Saran saya, coba pesan menu “Special of the day” mereka, dijamin tidak kecewa. Jangan lupa juga mencoba makanan penutupnya, ya. Favorit saya adalah Apple pie “Tatin” served with cream Chantilly and sauce caramel. Saat ini hanya dihargai Rp32,000 saja.

Meditteranea restoran makanan
Salah satu menu spesialnya
Suasana di Meditteranea Restaurant
Suasana di Meditteranea Restaurant

3. Cinema Bakery Prawirotaman

Kalau kamu termasuk orang yang harus makan banyak ketika sarapan, nah, Cinema Bakery pas banget untuk dikunjungi. Pilihan menu sarapan mereka sangat beragam, dan porsinya, ya ampun, bisa untuk dua orang! Tenang, menu sarapan mereka bisa dipesan sepanjang hari. Restoran yang terletak di Jalan Prawirotaman I No. 2, Mergangsan, ini tidak terlihat begitu besar dari luar, tapi mereka punya area yang cukup luas di dalam.

Mereka menyajikan menu Indonesia seperti nasi goreng, tapi ada juga pilihan menu internasional, seperti pasta, steik, roti lapis (sandwich), dan panini. Harus coba Chicken Quesadillas dan juga berbagai pilihan kopi dan kue yang mereka sediakan.

Suasana pagi di Cinema Bakery Prawirotaman
Suasana pagi di Cinema Bakery Prawirotaman

4. Indochine Bistro

Mungkin sampai saat ini Indochine Bistro adalah satu-satunya tempat makanan yang menyajikan makanan Vietnam di Yogyakarta. Terletak agak menyempil di Jalan Seturan Raya, restoran ini menawarkan banyak pilihan makanan menarik.

Mulai dari sup ala Vietnam (pho/masakan mi kuah asal Vietnam), Banh Mi (sejenis roti lapis yang dibuat dari jenis baguette), sampai Cambodian Fish Amok. Favorit saya, selain Cambodian Fish Amok, adalah menu pembukanya, yaitu Fresh Summer Rolls. Segar dan sangat lezat!

Fresh Summer Rolls IndoChine
Fresh Summer Rolls
Fresh Summer Rolls IndoChine
Tampak depan restoran

5. Warung Handayani

Pernah mendengar Nasi Brongkos? Nah, makanan khas Yogyakarta (banyak yang bilang makanan ini adalah makanan khas dari Demak) yang satu ini enggak kalah tenar sama Gudeg. Warung Handayani yang sudah berdiri sejak tahun ’70-an adalah salah satu tempat terbaik untuk mencoba nasi brongkos.

Mereka menyediakan dua jenis nasi brongkos, yaitu nasi brongkos telur dan nasi brongkos koyor (daging sapi). Favorit saya adalah nasi brongkos koyor, sekilas mirip rawon. Selain nasi brongkos, warung yang terletak dekat dengan Alun-Alun Kidul (selatan) Yogyakarta ini, menyediakan nasi pecel, soto ayam, dan juga nasi rames. Oh ya, jangan lupa untuk mencoba es campurnya, ya!

Nasi Brongkos Koyor
Nasi Brongkos Koyor

6. Nanamia Pizzaria (Tirtodipuran)

Ada banyak sekali pilihan tempat makan di Yogyakarta yang menyajikan pizza, Nanamia Pizzaria adalah salah satu yang selalu ramai pengunjung. Selain cita rasa lezat, harga yang bersahabat, Nanamia Pizzaria yang terletak di jalan Tirtodipuran adalah satu dari sedikit restoran yang memiliki taman besar. Kongko-kongko di sana bersama teman-teman pasti seru sekali!

Mereka juga memiliki acara movie night dua kali dalam seminggu. Nanamia akan menyediakan layar besar dan banyak bean bag di halaman belakang mereka. Suasananya sangat santai dan menyenangkan. Menu yang harus kamu coba adalah pizza (favorit saya adalah Diavola dan Quattro Formaggi), panini dan untuk minuman, coba Berrymia, ya.

Backyard Party di Nanamia Pizzaria Selatan
Backyard Party di Nanamia Pizzaria
Movie Time!
Movie Time!
Write a Comment

POPULAR STORIES

news-img

Pantai Pasir Putih di Kei Kecil yang Serasa Pantai Pribadi

Maluku terkenal dengan keindahan pantai-pantainya, apalagi yang terdapat di Pulau Kei Kecil yang belakangan ini mulai ramai dibicarakan. Bagaimana, sih, pantai di Kei Kecil?

Dec 15, 2015
news-img

5 Hal Unik yang Bisa Kamu Temukan di Dieng

Ada banyak alasan untuk melakukan perjalanan ke Dataran Tinggi Dieng, desa di dekat Kota Wonosobo. Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu temukan di sana!

Feb 09, 2016

COMMENTS