FOOD

6 Kuliner Makassar yang Bakal Bikin Kamu Ketagihan

img

Apa yang pertama terlintas di pikiran kamu saat mendengar kata Makassar? Ibukota Sulawesi Selatan? Pantai Losari? Sultan Hasanuddin? Atau mungkin semangkuk daging campur jeroan dalam rendaman kuah pekat? Tidak jarang orang mengenal kota ini karena makanan khasnya, coto Makassar. Tapi sebenarnya masih banyak makanan berat lain yang patut dicoba.

Berikut daftar makanan berat khas Makassar yang wajib kamu coba dan dijamin bikin ketagihan.

1. Coto Makassar

Nama aslinya memang coto, bukan soto, walaupun memang termasuk kategori soto. Hidangan ini terdiri dari potongan daging atau jeroan dalam kuah berwarna cokelat keruh yang gurih. Dengan tambahan perasan jeruk nipis, sedikit kecap, atau sambal sesuai selera, coto gurih ini akan terasa semakin mantap.

Hidangan ini termasuk makanan berat karena dimakan bersama ketupat, meskipun sotonya sendiri sudah cukup berat dengan banyaknya potongan daging. Makanan ini biasa dimakan sebagai sarapan di Makassar. Sarapan yang luar biasa, bukan?

Coto yang terkenal di Makassar adalah Coto Nusantara. Tapi, coto yang terletak di Jalan Lamuru, di warung tenda pinggir jalan, juga tak kalah enak.

kuliner makassar
Coto di Jalan Lamuru

2. Sop Konro

Sop ini terdiri dari tulang iga sapi berdaging dalam rendaman kuah gurih semi bening, tidak sepekat kuah coto. Ciri sop konro yang enak adalah rasa dagingnya gurih karena dimasak cukup lama dalam kuahnya, serta kemudahan daging tersebut lepas dari tulangnya. Berbeda dengan coto, sop konro disajikan bersama nasi panas. Bisa juga ditambah perasan jeruk nipis, sambal, dan kecap.

Ada dua kubu besar penggemar konro di Makassar yaitu konro Lompobatang dan Bawakaraeng. Masing-masing memiliki cita rasa khasnya. Tapi, konro Bawakaraeng lebih enak karena tekstur daging yang lembut dan rasa kuah yang lebih bersih.

kuliner makassar
Konro Bakar juga tak kalah nikmat!

3. Sop Saudara

Sop ini mirip coto Makassar, yaitu sop dengan kuah pekat dan kental. Bedanya, sop saudara berisi bihun dan perkedel. Isi utamanya adalah paru, tapi bisa diganti daging sapi atau kerbau berdasarkan permintaan. Rasa kuahnya memang mirip dengan coto, tapi juga ada sekilas mirip soto ayam. Untuk melengkapi, sop ini dimakan dengan nasi dan biasanya juga dengan sepotong ikan bandeng bakar.

4. Pallubasa

Sekilas pallubasa juga serupa dengan coto Makassar; semangkuk soto dengan kuah keruh dan potongan daging atau jeroan. Pembeda utamanya adalah taburan serundeng. Pallubasa juga sering ditambah telur mentah yang kemudian akan masak dengan sendirinya karena kuah yang panas.

Dinilai dari rasa, pallubasa lebih kaya rasa dan legit dibandingkan coto Makassar, terutama jika menggunakan telur mentah. Makanan ini disajikan dengan ketupat atau buras, lontong gepeng khas Sulawesi, sehingga tergolong makanan berat. Pallubasa paling terkenal bisa kamu temukan di Jalan Serigala dan Jalan Onta.

5. Bakso

Kok, bakso bisa jadi makanan berat khas Sulawesi? Tersaji sebagai makanan ringan di Jawa, bakso masuk dalam daftar makanan berat karena di Makassar biasa disajikan dengan buras. Cara makannya juga berbeda, yaitu terkadang baksonya hanya dicocol ke dalam kuah atau sambal, lalu dimakan kering. Atau buras dipotong-potong, lalu dicelupkan ke dalam kuah dan disendok bersama bakso. Untuk rekomendasi, Bakso Ati Raja memiliki buras yang gurih dan bakso kering yang lezat.

6. Kapurung

Mungkin karena letak kota Makassar memasuki wilayah Indonesia timur, masakannya juga mendapat pengaruh dari timur. Kapurung adalah masakan yang menggunakan sagu sebagai bahan dasarnya. Bentuknya seperti lem sagu yang dicampur sayuran hijau, jagung manis, dan potongan ikan tongkol.

Rasanya juga diperkuat dengan kuah yang cenderung asam dan gurih. Meskipun kapurung cukup menyenyangkan, bahan dasar sagu membuat kita cepat lapar kembali. Saya sarankan untuk makan kapurung duluan saat melakukan wisata kuliner di Makassar, karena tak lama kemudian kamu bisa lapar kembali dan siap untuk berburu makanan berikutnya.

kuliner makassar
Duh, segarnya!

Untuk bisa menikmati wisata kuliner di Makassar, rasanya kamu perlu menyisihkan beberapa hari. Makanan beratnya saja banyak, belum makanan kecil atau jajanannya, lho!

Write a Comment

POPULAR STORIES

news-img

Pantai Pasir Putih di Kei Kecil yang Serasa Pantai Pribadi

Maluku terkenal dengan keindahan pantai-pantainya, apalagi yang terdapat di Pulau Kei Kecil yang belakangan ini mulai ramai dibicarakan. Bagaimana, sih, pantai di Kei Kecil?

Dec 15, 2015
news-img

5 Hal Unik yang Bisa Kamu Temukan di Dieng

Ada banyak alasan untuk melakukan perjalanan ke Dataran Tinggi Dieng, desa di dekat Kota Wonosobo. Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu temukan di sana!

Feb 09, 2016

COMMENTS