TIPS

5 Tips Supaya Tidak Kehilangan Bagasi di Bandara

img

Buat yang sering traveling dengan pesawat, pasti tahu, dong, kalau urusan bagasi suka bikin repot dan panik. Bisa saja bagasimu kelebihan beban dan mesti bayar lagi. Bisa juga bagasimu rusak atau lecet. Bisa juga bagasimu raib ditelan bumi. Apa pun masalahmu, urusan bagasi enggak bisa dianggap sepele.

Kalau enggak mau kelebihan beban, ya, kamu bisa timbang dulu tas atau kopermu di rumah. Bisa juga dengan membaca tips packing dari Jalan2Men. Dan perhatikan selalu tiket pesawatmu karena biasanya tertulis berat bagasi yang diberikan. Lalu, bagaimana cara mencegah supaya bagasimu tetap mulus, aman, tidak tertukar, atau bahkan hilang di bandara?

Berikut 5 tips untuk menjaga bagasimu tetap aman.

1. Pakai koper atau tas yang warnanya beda dari yang lain

Kamu bisa membeli koper yang berwarna terang atau mencolok, daripada hitam yang pasaran banget, supaya kopermu gampang dicari saat pengambilan bagasi. Atau bisa juga dengan membeli cover atau pelindung koper yang sekarang banyak dijual di toko. Biasanya cover ini warna-warni dan penuh gambar. Selain mencolok, cover ini juga menjaga kopermu tetap bersih dan mulus.

tips bagasi
Bisa pilih motif sesukamu!

2. Bisa juga dengan memasang tali atau label koper

Bisa diikatkan ke seluruh koper atau dipasang ke gagang koper. Pakai tali dengan warna mencolok supaya terlihat jelas. Bisa juga dengan memasang label koper yang bisa diselipkan dengan kartu nama atau nomor kontakmu.

tips bagasi
Boleh pasang sekaligus 3!

3. Buang airline tag sebelumnya

Biasanya kamu pasti malas melepas airline tag yang ada di koper supaya kamu kelihatan sering keliling Indonesia atau dunia. Kamu biarin, deh, itu airline tag memenuhi kopermu. Padahal, label ini bisa membuat petugas bandara salah paham dengan tujuan pemilik koper itu. Bisa-bisa kopermu malah dimasukkan ke pesawat yang lain.

tips bagasi
Cie, ke Paris nih!

4. Masukkan bagasi tepat pada waktunya

Jangan sampai kamu terlambat check-in kalau ingin memasukkan bagasi. Bisa-bisa bagasimu tak boleh masuk dan kamu tak boleh terbang. Kalaupun bagasimu bisa masuk, bisa jadi kopermu tertinggal atau akan menyusul pada penerbangan berikutnya. Malesin, kan?

5. Foto bagian luar dan dalam koper atau tasmu

Ini penting banget untuk pencegahan kalau-kalau tasmu tersesat atau hilang. Kamu bisa menunjukkan fotonya kepada petugas bandara untuk mempermudah pencarian. Bisa juga untuk memperlihatkan kondisi tasmu saat masuk bagasi kalau ternyata setelah diambil ada yang rusak atau hilang.

tips bagasi
Foto yang cakep, ya!

Bagaimana, berguna banget, kan, tips di atas. Kalau kamu punya cara lain untuk menjaga kopermu tetap aman di bandara, boleh banget berbagi di kolom komentar di bawah.

Write a Comment

POPULAR STORIES

news-img

Pantai Pasir Putih di Kei Kecil yang Serasa Pantai Pribadi

Maluku terkenal dengan keindahan pantai-pantainya, apalagi yang terdapat di Pulau Kei Kecil yang belakangan ini mulai ramai dibicarakan. Bagaimana, sih, pantai di Kei Kecil?

Dec 15, 2015
news-img

5 Hal Unik yang Bisa Kamu Temukan di Dieng

Ada banyak alasan untuk melakukan perjalanan ke Dataran Tinggi Dieng, desa di dekat Kota Wonosobo. Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu temukan di sana!

Feb 09, 2016

COMMENTS