TIPS

5 Tips Supaya Kamu Bisa Menghasilkan Foto Cityscape yang Keren

img

Kamu sadar enggak kalau terkadang perkotaan menawarkan keindahan yang unik dan berbeda dari alam. Gedung-gedung pencakar langit, warna-warni lampu, jembatan menjulang, dan berbagai landmark perkotaan adalah objek yang ternyata bisa menghasilkan foto yang keren. Tentu saja asalkan kamu tahu bagaimana cara memotretnya dengan bagus.

Kalau kamu ingin bisa memotret tampilan perkotaan atau cityscape dan menghasilkan foto yang memuaskan mata sendiri dan orang lain, kamu harus menyimak 5 tips di bawah ini.

1. Jangan Lupa Riset

Beberapa lokasi favorit untuk pemotretan cityscape biasanya tidak memerlukan akses dan izin khusus. Contohnya kamu bisa memotret di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jembatan Semanggi, atau Kota Tua. Tapi, enggak ada salahnya kalau kamu riset dulu tentang lokasi yang akan kamu foto, apakah perlu izin dulu atau tidak.

Selain itu, riset ini juga untuk melihat contoh foto-foto sejenis yang sudah dibuat orang lain. Siapa tahu aja orang itu juga memberikan tips menuju lokasi tersembunyi yang bagus untuk difoto dan tidak diketahui orang banyak. Pokoknya, yang perlu kamu ingat adalah riset ini tidak bertujuan untuk menyontek foto orang lain. Justru, ini mencegah kamu memotret foot serupa orang lain di tempat yang sama. Ini membuat kamu berusaha mencari angle lain.

2. Pilih Lensa Sesuai Kebutuhan

Memotret perkotaan enggak berarti kamu harus memakai lensa wide seperti saat memotret landscape. Walaupun lensa wide berguna banget untuk membingkai semua objek yang kita mau dalam satu jepretan, tapi terkadang timbul distorsi di sudut-sudutnya.

Bisa banget terjadi kalau saat kamu memoret gedung, hasilnya gedung akant terlihat miring. Jadi, tipsnya adalah membawa beberapa pilihan lensa untuk mendapatkan angle yang berbeda-beda. Kamu bisa memabwa lensa tele atau lensa fix untuk memotret detail sebuah bangunan, misalnya.

Kalau mau lebih unik lagi, kamu juga bisa menggunakan lensa fish-eye.

3. Cari Waktu Terbaik

tips foto kota
Kamu juga bisa memotret cityscape pada malam hari

Katanya, memotret itu sangat tergantung dengan waktu. Apa iya? Ada benarnya juga, sih. Kalau kamu ingin menghasilkan foto yang bagus, kamu harus peka dengan masalah waktu. Contohnya, kalau memotret sebuah gunung di luar negeri, apakah lebih bagus saat musim panas atau musim dingin.

Untuk memotret suasana perkotaan di Indonesia mungkin tak sesulit itu, kamu tidak perlu memikirkan musim. Tapi, yang perlu dipikirkan adalah siang, sore, atau malam hari. Nah, ini menuntut kamu untuk pintar memilih waktu memotret sebuah lokasi. Dengan riset, kamu bisa tahu kapan waktu terbaik untuk memotret lokasi itu. Apakah tempat itu akan ramai saat siang atau malam hari. Pokoknya, selidiki saja kapan waktu terbaik supaya fotomu hasilnya keren.

4. Aplikasikan Teori Dasar Memotret

Teori dasar ini sangat penting. Apalagi saat memotret perkotaan, kamu harus tahu setting dan perlengkapan yang dibutuhkan. Tentunya semua itu tergantung dari kebutuhan kamera dan dirimu. Kalau mau memotret pada malam hari, ya, berarti kamu harus menyiapkan tripod. Teori lainnya tinggal kamu sesuaikan dengan keadaan saat memotret, ya.

5. Eksplorasi Komposisi

Komposisi, komposisi, dan komposisi. Ini adalah yang hal yang sangat penting untuk menentukan hasil sebuah foto. Untuk foto perkotaan, tentunya ada banyak cara untuk menemukan komposisi yang tepat. Contohnya, kamu harus memperhatikan posisi atau penempatan objek, foreground, background, rule of third, dan lain-lain. Cobalah berbagai komposisi hingga kamu menemukan yang paling bagus menurutmu.

Semoga 5 tips di atas membantumu untuk bisa memotret cityscape dengan lebih keren, ya. Kalau kamu punya tips andalan lainnya, silakan berbagi di kolom komentar di bawah.

Write a Comment

POPULAR STORIES

news-img

Pantai Pasir Putih di Kei Kecil yang Serasa Pantai Pribadi

Maluku terkenal dengan keindahan pantai-pantainya, apalagi yang terdapat di Pulau Kei Kecil yang belakangan ini mulai ramai dibicarakan. Bagaimana, sih, pantai di Kei Kecil?

Dec 15, 2015
news-img

5 Hal Unik yang Bisa Kamu Temukan di Dieng

Ada banyak alasan untuk melakukan perjalanan ke Dataran Tinggi Dieng, desa di dekat Kota Wonosobo. Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu temukan di sana!

Feb 09, 2016

COMMENTS