TUTORIAL & TIPS

5 Tips Praktis Memotret Landscape Buat Traveler

img

Buat kamu-kamu yang hobi jalan-jalan pasti senang memotret juga, dong? Bisa selfie, bisa juga memotret pemandangan. Nah, biasanya begitu melihat pemandangan yang bagus, tangan rasanya gatal buat langsung pencet kamera. Habis itu baru, deh, kamu sadar kalau hasilnya tak sesuai harapan kamu. Gunungnya tampak miring kayak tertiup angin, misalnya.

Memang, untuk mendapatkan foto landscape yang bagus dan memuaskan tidak bisa asal jepret saja. Ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan.

Berikut ini 5 tips memotret landscape yang perlu kamu ketahui.

 

1. Gunakan Prinsip 2/3

Ini berlaku saat kamu memotret pemandangan alam, baik gunung maupun lautan. Kamu bisa menggunakan prinsip 2/3 untuk memotret bagian mana yang lebih kamu tonjolkan, misalnya untuk foto lautan saat matahari terbenam. Karena langitnya sangat bagus, kamu mengambil langit 2/3 bagian, sementara sisanya 1/3 bagian untuk air atau pasirnya. Bisa juga sebaliknya.

tips fotografi
Fokus di daratan dan lautan

2. Tentukan Focal Point

Kamu harus mencari focal point atau titik fokus, yaitu titik yang menjadi pusat dari foto kamu, yang nantinya akan dilihat lebih dulu oleh orang yang melihat foto kamu. Titik fokus ini tak harus berada di tengah foto, bisa di mana saja.

tips fotografi
Fokusnya ada di kapal-kapal

 

Baca juga artikel ini:

3. Manfaatkan Foreground

Siapa bilang foto hanya mementingkan background? Foreground juga penting andaikata background terlalu monoton atau sepi. Jika kamu memotret laut misalnya, foreground yang bisa menjadi fokus kamu adalah batu karang atau pasir yang ada di depanmu.

Tapi, bukan berarti foreground hanya dipilih ketika background dirasa kurang bagus, lho. Background yang bagus pun terkadang akan terlihat semakin menarik jika kamu memotretnya dengan foreground yang unik. Foto kamu bakalan beda dari yang lainnya.

tips fotografi
Rumput juga bisa jadi foreground

4. Siapkan Tripod

Mungkin kamu sering kali menganggap tripod sebagai beban, cuma dibutuhkan waktu memotret dalam kondisi gelap dan cahaya tidak mendukung. Eits, belum tentu. Enggak ada salahnya kamu memakai tripod untuk memotret pemandangan alam, apalagi dengan begitu kamu bisa menangkap gerakan ombak yang mungkin tidak terlihat ketika kamu asal jepret dengan tangan.

tips fotografi
Kamera selalu terpasang di tripod

5. Gunakan Depth of Field (DOF) Selebar Mungkin

Depth of Field adalah ukuran seberapa jauh bidang fokus dalam foto. Semakin lebar DOF, berarti semakin tajam objek foto yang kamu potret dari objek terdekat hingga terjauh dari kamu.

Untuk mendapatkan DOF yang lebar, atur aperture yang kecil, misalnya dari f/9 hingga f/22.

tips fotografi
Perhatikan permainan DOF!

Bagaimana, jangan lupa praktikkan tips di atas dan share pengalaman kamu memotret landscape di kolom komentar bawah ini, ya!

Write a Comment

POPULAR STORIES

news-img

Pantai Pasir Putih di Kei Kecil yang Serasa Pantai Pribadi

Maluku terkenal dengan keindahan pantai-pantainya, apalagi yang terdapat di Pulau Kei Kecil yang belakangan ini mulai ramai dibicarakan. Bagaimana, sih, pantai di Kei Kecil?

Dec 15, 2015
news-img

5 Hal Unik yang Bisa Kamu Temukan di Dieng

Ada banyak alasan untuk melakukan perjalanan ke Dataran Tinggi Dieng, desa di dekat Kota Wonosobo. Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu temukan di sana!

Feb 09, 2016

COMMENTS