FOOD

5 Destinasi Kuliner di Yogyakarta dan Sekitarnya: dari yang Tradisional sampai Western

img

Tidak semua orang harus makan gudeg saat mengunjungi Yogyakarta. Kota Budaya ini memiliki banyak jenis makanan lain dari lokal hingga barat. Yogyakarta bisa banget menjadi destinasi kuliner kamu berikutnya. Untuk menambah daftar tempat makan, berikut beberapa tempat makan di Yogyakarta dan sekitarnya yang mungkin belum kamu ketahui.

1. Gudeg Pawon

Memang gudeg juga, tapi berbeda dengan yang disajikan di daerah Wijilan. Gudeg Pawon cenderung lebih gurih dan sekilas sedikit lebih pedas. Yang unik dari gudeg ini adalah tempatnya. Gudeg Pawon berarti gudeg dapur, sesuai dengan tempat penyajiannya yaitu di dalam dapur pemilik usaha. Kamu harus masuk ke dapur rumah orang, mengambil porsi makanan lalu makan di sekitar rumah. Sambil duduk di kursi dalam dapur atau lesehan di teras, makan Gudeg Pawon rasanya seperti nebeng makan di rumah teman.

Alamat: Jalan Janturan 36, Warungboto, Umbulharjo.

Makan di dapur
Makan di dapur

2. Nanamia Pizza

Dunia tidak akan runtuh kalau kamu makan pizza di Yogyakarta. Memang tidak tradisional, tapi boleh, kan? Sebaliknya, mungkin dunia kamu bisa lebih cerah setelah mencoba pizza enak yang relatif tipis dan berlimpah topping. Menu lain yang juga tak kalah nikmat adalah serangkaian salad dan smoothie. Selain menu barat yang lezat, yang membuat tempat ini unik adalah area makan yang terbuka di halaman belakang bangunan sehingga memberikan nuansa makan di kebun pada musim panas. Di malam-malam tertentu, taman belakang ini disulap menjadi tempat nonton film ala misbar atau ‘gerimis bubar’. Seru banget, ya!

Alamat: Jalan Tirtodipuran 1, Mantrijeron.

Makan siang ala barat
Makan siang ala barat

3. Sate Klatak

Sate ini cukup terkenal dan aslinya berada di area Bantul, Kabupaten Yogyakarta, sekitar setengah jam dari tengah kota. Sate ini terbilang unik karena cara masaknya menggunakan tusukan yang terbuat dari besi sehingga pada saat proses pembakaran, bagian tengah daging ikut masak akibat panas tusukan besi. Daging kambing muda terasa manis meskipun miskin bumbu. Hanya saja jangan kaget, karena satu porsi hanya menyajikan 2 tusuk panjang saja. Kurang banyak? Tinggal tambah lagi!

Paling terkenal adalah Sate Klatak Pak Pong di Jalan Panjaitan, Bantul.

Bahan sate klatak
Bahan sate klatak

4. Milas

Kalau tidak makan daging, kamu bisa mengunjungi Restoran Milas. Restoran vegetarian ini menyajikan banyak pilihan menu yang berbahan dasar sayuran dan karbohidrat. Selain tanpa daging, restoran ini juga memilih untuk memasak makanannya tanpa MSG dan mengusahakan bahannya dari petani lokal. Sehat dan ramah lingkungan! Tapi makanannya enak, enggak? Kue dan muesli-nya enak. Kata orang yang biasa makan daging dan MSG, makanan di tempat ini lumayan enak, kok.

Alamat: Jalan Prawirotaman 4 no 127 B.

Muesli
Muesli

5. Il Tempo Del Gelato

Menutup daftar makanan haruslah dengan desert atau makanan penutup manis. Tempat gelato ini cukup hip bahkan hingga malam. II Tempo Del Gelato adalah tempat yang menyajikan beberapa menu manis, tapi jagoannya adalah gelato. Rasa gelato-nya kaya dan tidak tanggung. Selain karena rasanya enak, tempatnya juga asyik untuk nongkrong bersama teman-teman. Mengajak orang tua ke sini rasanya kurang tepat karena suasananya cenderung ramai sekali dengan anak-anak muda yang nongkrong sampai tengah malam.

Alamat: Jalan Prawirotaman 43.

Il Tempo Del Gelato
Ramai pengunjung

Nah, banyak tempat makan di Yogyakarta yang menarik, kan? Kamu punya tempat lain yang mau kamu rekomendasikan? Share sama kita, yuk!

Write a Comment

POPULAR STORIES

news-img

Pantai Pasir Putih di Kei Kecil yang Serasa Pantai Pribadi

Maluku terkenal dengan keindahan pantai-pantainya, apalagi yang terdapat di Pulau Kei Kecil yang belakangan ini mulai ramai dibicarakan. Bagaimana, sih, pantai di Kei Kecil?

Dec 15, 2015
news-img

5 Hal Unik yang Bisa Kamu Temukan di Dieng

Ada banyak alasan untuk melakukan perjalanan ke Dataran Tinggi Dieng, desa di dekat Kota Wonosobo. Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu temukan di sana!

Feb 09, 2016

COMMENTS