DESTINATION

5 Hal Seru yang Bisa Kamu Lakukan di Balikpapan

img

Balikpapan adalah salah satu kota terbesar di Kalimantan. Kota ini sering dikira sebagai ibu kota Provinsi Kalimantan Timur, padahal bukan (kamu tahu, kan, ibu kota Kalimantan Timur itu Samarinda?). Balikpapan menjadi kota besar karena ada banyak perusahaan tambang, minyak, dan gas di sana–kesan yang sangat serius, sehingga potensi pariwisatanya kurang diketahui secara luas.

Padahal, kalau kamu punya waktu sehari saja di Balikpapan, ada cukup banyak pilihan aktivitas yang bisa dilakukan. Ya, Balikpapan cukup sering menjadi kota transit bagi pejalan yang sedang menuju ke Kepulauan Derawan ataupun Labuan Cermin.

Jadi, bisa ngapain saja di Balikpapan? Berikut ini 5 hal seru yang bisa kamu lakukan.

1. Melihat Beruang Madu

Ada saja orang yang tega memburu beruang madu secara ilegal. Untungnya, ada aksi penyelamatan untuk makhluk menggemaskan ini, yang juga merupakan maskot kota Balikpapan.

KWPLH (Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup) merehabilitasi beruang madu dan mempersiapkan mereka untuk bisa dikembalikan ke alam bebas. Setiap jam sembilan pagi dan jam tiga sore, beruang-beruang ini dikeluarkan dari tempat suaka ke area makan atau feeding ground.

Dari jembatan kayu yang mengitari setengah area tersebut, kamu bisa menyaksikan aksi beruang mencari-cari makanan yang sudah disediakan petugas. Lucu, deh. Mereka seperti anak-anak yang antusias mencari mainannya yang tersembunyi di berbagai tempat.

balikpapan
Suasana di KWPLH
balikpapan
Beruang Madu mencari makanan
balikpapan
Malah asyik main!

2. Bermain dengan Seratus Kucing

Kalau kamu penggemar kucing, KWPLH juga cocok banget untuk didatangi. Ada lebih dari seratus kucing yang dirawat di sini! Berawal dari perawatan kucing-kucing telantar, lama-lama banyak orang yang membuang kucing ke sana.

Setelah dirawat dan disterilisasi, kucing-kucing siap diadopsi. Ada kandang besar di bagian belakang kawasan yang berisi kucing-kucing sehat dengan banyak mainan. Sebagian kucing secara bergantian ditempatkan di Rumah Kucing, di bagian depan kawasan, untuk mempermudah calon pengadopsi untuk bermain dan memilih kucing yang mereka inginkan.

balikpapan
Kucing semua!
balikpapan
Main kucing

3. Wisata di Kebun Raya

Masih bertema alam, ada satu lagi lokasi di Balikpapan yang bisa menjadi pilihan kamu, yaitu Kebun Raya Balikpapan. Objek wisata seluas 309 hektar ini mulai beroperasi pada tahun 2014. Dengan tujuan untuk melestarikan dan memanfaatkan potensi berbagai tumbuhan demi peningkatan pemahaman masyarakat tentang lingkungan hidup.

Jadi, bermain sambil belajar, begitulah kira-kira. Sebagian besar bagian Kebun Raya dijaga tetap alami, ditambah jalan aspal yang dibangun di dalamnya. Sebagian lagi merupakan area untuk mengembangbiakkan tanaman-tanaman tertentu.

Selain menambah wawasan alam, di sini kamu juga bisa menghasilkan foto-foto ciamik! Supaya kunjungan makin seru, ada baiknya kamu siap dengan losion penangkal nyamuk.

balikpapan
Gerbang Kebun Raya
balikpapan
Danau di tengah kebun
balikpapan
Bisa belajar tentang tanaman di sini

4. Pesta Kepiting

Hidangan kepiting dikenal dengan kandungan kolesterolnya yang tinggi. Tapi, kebanyakan pencinta makanan laut tak bisa menghindar dari lezatnya daging kepiting, apalagi kalau masih segar dan terasa sedikit manis.

Balikpapan memang terkenal dengan beberapa restoran spesialis kepiting, seperti Dandito dan Kenari. Menu kepiting dimasak saos lada hitam, goreng tepung, pepes, hingga saos lemon, membuat kita sulit memilih.

Paling ideal adalah bersantap dengan beberapa teman sekaligus, supaya kamu bisa pesan macam-macam menu dan mencicipi semuanya! Kalau belum puas, kamu juga bisa memesan kepiting untuk dibungkus dan dibawa terbang. Pesta kepiting bisa lanjut di destinasi berikutnya!

balikpapan
Menggugah selera

5. Mampir ke Peternakan Buaya Teritip

Jika punya cukup banyak waktu, kamu bisa melihat penangkaran buaya di Teritip, sekitar 30 km dari Kota Balikpapan. Buaya-buaya ini dikembangbiakkan untuk keperluan produksi tas dan sepatu. Selain itu, dagingnya diolah menjadi makanan, yang konon bisa mengobati penyakit kulit tertentu.

Bagian vitalnya pun tidak disia-siakan karena dipercaya bisa menambah vitalitas pria dewasa. Pada jam-jam makan, kamu bisa melihat buaya-buaya ini dengan sangarnya melahap makanan yang dilemparkan petugas ke dalam kandang, seperti ayam utuh (yang sudah mati).

Kalau kamu berkunjung ke sini, harap selalu berhati-hati. Taati peraturan dan saran dari para pawang kalau tak mau terancam bahaya.

Nah, seru juga, kan, pilihan tempat yang bisa dikunjungi di Balikpapan? Kalau kamu punya rekomendasi lain, silakan tambahkan di kolom komentar di bawah.

Write a Comment

POPULAR STORIES

news-img

Pantai Pasir Putih di Kei Kecil yang Serasa Pantai Pribadi

Maluku terkenal dengan keindahan pantai-pantainya, apalagi yang terdapat di Pulau Kei Kecil yang belakangan ini mulai ramai dibicarakan. Bagaimana, sih, pantai di Kei Kecil?

Dec 15, 2015
news-img

5 Hal Unik yang Bisa Kamu Temukan di Dieng

Ada banyak alasan untuk melakukan perjalanan ke Dataran Tinggi Dieng, desa di dekat Kota Wonosobo. Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu temukan di sana!

Feb 09, 2016

COMMENTS