TIPS

5 Aksesori & Perlengkapan untuk Fotografi Alam yang Harus Kamu Miliki

img

Selain membawa kamera dan beragam jenis lensanya saat traveling, kita juga harus memperhatikan aksesori pendukung dan perlengkapan yang biasanya disesuaikan dengan destinasi yang kita tuju. Kalau kamu mau naik gunung, tentu saja kamu tidak perlu membawa underwater casing untuk kameramu, bukan?

Untuk itu, coba cek beberapa aksesori dan perlengkapan foto lainnya yang perlu kamu miliki sebelum traveling.

1. Tripod/Gorillapod

Banyak orang yang menyarankan kita untuk selalu membawa tripod setiap traveling. Tripod sangat bermanfaat untuk membuat kamera tetap stabil dan mengurangi getaran. Apalagi buat kamu yang suka foto dengan long exposure atau slow speed. Tripod selayaknya memang selalu dibawa saat hunting fotoke mana pun. Kalau tripod dirasa kurang fleksibel untuk dibawa, bisa juga membawa gorillapod jika kamu menggunakan kamera yang lebih ringan.

2. Filter

aksesori foto alam
Jangan lupa bawa filter.

Filter adalah aksesors yang paling dekat dengan fotografer, khususnya filter UV yang berguna untuk melindungi lensa kamera. Tapi, selain itu ada beberapa filter wajib yang seharusnya selalu tersedia di dalam tas kameramu, yaitu filter polarizer (CPL), GND, dan ND. Tiap filter memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing. Kalau kamu suka memotret di bawah air, kamu juga harus menggunakan red filter agar action dan underwater camera-mu punya warna yang oke!

3. Remote dan Cable Release

aksesori foto alam.
Bukan cuma TV yang pakai remote.

Remote dan Cable Release berguna untuk mengurangi getaran yang timbul saat kamu menekan tombol atau menjepret kamera. Sementara itu, cable release sangat berguna buat kamu yang ingin melakukan bulb, karena momen menekan dan melepas tombol rana secara langsung dapat menyebabkan kamera bergerak dan gambar jadi kurang tajam. Untuk kamera keluaran terbaru, rata-rata sudah memiliki apps yang bisa terhubung ke smartphone sehingga kamu bisa cukup mengandalkan smartphone.

4. Memory Card dan Baterai Ekstra

Traveler bisa melakukan perjalanan ke mana saja, bahkan ke tempat tak terduga. Mungkin saja, di tempat tujuanmu itu tidak tersedia tempat untuk membuka laptop atau mengisi daya baterai. Walaupun sudah mengisi penuh baterai dan mengosongkan memori, tidak ada salahnya kalau kamu membawa cadangan ekstra. Jangan sampai kamu sudah pergi jauh-jauh, tapi saat asyik memotret, kamu kehabisan memori atau baterai.

5. Senter Kecil

Tidak jarang juga, saat traveling kamu mengincar momen menjelang matahari terbit untuk berburu foto. Kalau kamu suka melakukan hal seperti itu, tak ada salahnya kamu menyiapkan sebuah senter kecil. Dengan begitu, kamu bisa menggunakannya untuk menerangi jalan yang akan kamu lewati. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan senter supaya foreground objek foto bisa jadi  terlihat lebih terang.

Nah, semoga aksesori dan perlengkapan di atas dapat melengkapi kameramu supaya momen memotretmu makin praktis dan menghasilkan foto yang bagus. Kalau kamu punya aksesori andalan lain yang selalu dibawa saat memotret, jangan lupa berbagi di kolom komentar di bawah.

Write a Comment

POPULAR STORIES

news-img

Pantai Pasir Putih di Kei Kecil yang Serasa Pantai Pribadi

Maluku terkenal dengan keindahan pantai-pantainya, apalagi yang terdapat di Pulau Kei Kecil yang belakangan ini mulai ramai dibicarakan. Bagaimana, sih, pantai di Kei Kecil?

Dec 15, 2015
news-img

5 Hal Unik yang Bisa Kamu Temukan di Dieng

Ada banyak alasan untuk melakukan perjalanan ke Dataran Tinggi Dieng, desa di dekat Kota Wonosobo. Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu temukan di sana!

Feb 09, 2016

COMMENTS