DESTINATION

4 Hal Seru yang Bisa Dilakukan di Kota Lama Tangerang

img

Kota Tangerang bisa dibilang sebagai Jakarta kedua karena fasilitas dan lingkungannya yang tidak kalah yahud dari ibu kota tercinta kita. Banyak mal besar dan tempat nongkrong yang menjamur di wilayah Laskar Cisadane ini.

Selain punya tempat-tempat yang hits, ternyata Tangerang juga merupakan koa yang asyik untuk ditelusuri dan dijelajahi budayanya. Kota Lama Tangerang memiliki beberapa spot menarik untuk dikunjungi, terutama yang berhubungan dengan etnis Tionghoa.

Nah, berikut ini 4 hal seru yang bisa dilakukan di Kota Lama Tangerang.

1. Wisata Religi di Kelenteng Boen Tek Bio

kota lama tangerang
Kelenteng tertua di Tangerang

Kelenteng terbesar sekaligus tertua di Tangerang ini didirikan oleh perkumpulan kongsi dagang “Petak Sembilan” pada tahun 1684. Arsitektur kelenteng ini asli khas Tiongkok karena dibangun oleh arsitek dan pemborong yang didatangkan langsung dari daratan Tiongkok. Tentunya dengan dominasi warna merah sebagai lambang nasib baik dan kebahagian dalam kepercayaan Tionghoa.

Nama ‘Boen Tek Bio’ berarti rumah ibadah sastra kebajikan, dan didirikan sebagai tempat pemujaan untuk Dewa Bumi dan Dewi Kwan Im karena sebagian besar orang Tionghoa yang mendiami daerah di sekitar kelenteng dulunya adalah petani dan pedagang yang banyak berdoa memohon kesuburan tanah, panen berlimpah, dan lancar rejeki. Saat ini, ketika Imlek dan Cap Go Meh tiba, Kelenteng Boen Tek Bio bisa dipenuhi hingga 2.000 pengunjung dan terkadang ada pembagian lontong Cap Go Meh gratis pada perayaan Cap Go Meh.

2. Telusur Budaya di Benteng Heritage Museum

kota lama tangerang
Bangunannya sederhana

Buat yang suka nonton silat pasti tahu adegan ketika orang-orang berkumpul-sambil main mahjong? Atau pakaian khas vampire Tiongkok yang senang loncat-loncat? Nah, di Benteng Heritage Museum kamu bisa mendengar penjelasan mengenai kehidupan masyarakat peranakan Tionghoa pada masa lalu.

Tidak terlalu jelas kapan rumah ini dibangun dan siapa pemiliknya, hanya diketahui dibangun pada abad ke-17 oleh seorang saudagar Tionghoa dan beralih fungsi sebagai museum pada 11 November 2011. Koleksi di museum ini merupakan pemberian dari masyarakat sekitar, yang berupa barang-barang antik seperti golok, ranjang berkelambu, kebaya encim, perlengkapan permainan mahjong, dan lain-lain. Interior museum ini juga dibiarkan sesuai bentuk aslinya.

kota lama tangerang
Bernuansa kuning

3. Keliling Kota Naik Becak

Kota lama tangerang
Yuk, naik becak keliling!

Siapa yang kangen dengan kendaraan legendaris ini? Gali kembali kenangan masa kecil kamu dengan berkeliling Kota Lama dengan menaiki becak. Asyiknya, kamu bisa melihat kehidupan masyarakat sekitar yang lalu -lalang di sekitar Kota Lama. Jumlah tukang becak di sini jauh lebih banyak dibandingkan di Jakarta, jadi kamu bisa memuaskan diri untuk bernostalgia.

4. Wisata Kuliner

kota lama tangerang
Mari kita jajan!

Ngomongin soal perut di Tangerang adalah jagoannya. Jajanan-jajanan kaki lima seperti es podeng, kue serabi, sate, atau martabak berjejer menanti kedatangan kamu di Pasar Lama. Selain itu, Pasar Lama juga identik dengan panganan-panganan khas peranakan Tionghoa, seperti bakut, sate babi, sekba, atau asinan encim. Makanan yang barusan khusus buat yang nonmuslim, ya.

Selain Pasar Lama, ada juga Kedai Jus Kode, di mana kamu bisa mencoba berbagai variasi jus buah dengan mi kangkung sebagai pelengkap. Bisa juga mengunjungi sentra Laksa Tangerang di Cikokol yang menyajikan laksa berupa ayam panggang yang disiram kuah kuning dan sohun sebagai pelengkap, pokoknya dijamin nikmat!

kota lama tangerang
Ramai juga, ya!

Itulah beberapa keseruan yang bisa kamu temukan di Kota Lama Tangerang. Kalau kamu punya keseruan lainnya, boleh banget berbagi di kolom komentar di bawah.

Write a Comment

POPULAR STORIES

news-img

Pantai Pasir Putih di Kei Kecil yang Serasa Pantai Pribadi

Maluku terkenal dengan keindahan pantai-pantainya, apalagi yang terdapat di Pulau Kei Kecil yang belakangan ini mulai ramai dibicarakan. Bagaimana, sih, pantai di Kei Kecil?

Dec 15, 2015
news-img

5 Hal Unik yang Bisa Kamu Temukan di Dieng

Ada banyak alasan untuk melakukan perjalanan ke Dataran Tinggi Dieng, desa di dekat Kota Wonosobo. Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu temukan di sana!

Feb 09, 2016

COMMENTS