FOOD

3 Jajanan di Pekanbaru ini Wajib Kamu Cicipi!

img

Saat liburan, saat yang pas untuk icip-icip kuliner khas suatu tempat. Apa? Diet? Duh, lupakan dulu untuk sementara. Apalagi kalau kamu ke Pekanbaru, rugi kalau tidak mencoba makanan-makanannya. Dari sarapan, makan siang, sampai ngopi-ngopi di sore hari, Pekanbaru punya banyak pilihan untuk kamu coba. Beberapa di antaranya pernah saya cicipi di Jalan Juanda, dan berikut ini daftarnya.

1. Sarapan Telur Matang dalam Bubur

Waktu kecil saya terkesima melihat telur ayam mendadak matang ketika ditaruh di atas kepala Donal Bebek yang sedang terbakar amarah. Saking panasnya, telur itu matang tanpa menggunakan kompor dan api! Pas sudah besar, saya tahu itu tak mungkin terjadi. Tapi saya kembali dikejutkan di Pekanbaru saat sarapan Bubur Ayam King. Seperti biasa, bubur di sini dilengkapi telur ayam. Namun saat menerima mangkuk bubur, saya heran, kok telurnya tidak ada.

Ternyata, begitu saya aduk, muncul telur mentah yang bersembunyi di dalam bubur. Telur sengaja disajikan mentah supaya “dimasak” dalam bubur panas itu! Beberapa menit kemudian, setelah melahap beberapa sendok bubur, saya  menyendok telur tadi, dan sudah matang! Wah, keajaiban film kartun dari masa kecil saya terwujud di Pekanbaru. Rasanya? Lezat! Gurih dan kekentalannya pas.

kuliner pekanbaru
Disajikan dengan cakue
kuliner pekanbaru
Ketemu telurnya!
kuliner pekanbaru
Megaria 65

Pada suatu sore di hari lainnya, saya sempat mencicipi bubur serupa di kedai yang lain, sama-sama di Jalan Juanda. Namun, bubur di Kedai Megaria Nomor 65 (ada pula Megaria Nomor 99, cabangnya) ini kurang cocok dengan selera saya karena dicampur kecap terlalu banyak. Mungkin bubur yang ini lebih cocok untuk kamu penggila makanan manis.

2. Mi Pangsit Keriting yang Legendaris

Kalau kamu tanya penduduk asli Pekanbaru, pasti pada tahu Kedai Megaria. Baik Megaria yang asli, maupun cabangnya yang juga berada di Jalan Juanda. Tapi kalau kamu mencari mi pangsit keriting, yang lebih terkenal adalah Megaria Nomor 99. Resep ini diciptakan pada tahun ‘70-an dan masih digemari penduduk Pekanbaru sampai sekarang.

Saat saya makan di sana, ibu pemilik kedai mengatakan mereka menggunakan daging ayam untuk mi saya. Beberapa teman yang melihat fotonya di Instagram saya menyanggah bahwa itu pasti daging babi karena berwarna merah. Kalau kamu ingin mencicipi tapi tidak mau makan daging babi, silakan pastikan saja pada pemilik atau pelayan Megaria, daging apa yang hendak kamu makan. Rasa mi keriting dengan pangsitnya ini gurih, sayur sawi, dan taoge yang dicampurkan membuatnya segar.

kuliner pekanbaru
Mi Pangsit Keriting 
kuliner pekanbaru
Pembuatannya sama seperti mi ayam lain
kuliner pekanbaru
Megaria 99 saat belum ramai

Agar tidak kecewa saat ke Megaria, pastikan kamu datang pada saat mereka buka. Pada siang hari, setelah jam makan siang, Megaria memberi waktu pada para pegawainya untuk beristirahat selama beberapa jam. Pada sore hari, kira-kira jam lima, mereka buka lagi dan siap dengan mi pangsit keriting legendarisnya.

3. Roti Bakar Sarikaya

Menu roti bakar rasanya ada di semua kedai di Jalan Juanda. Selain mudah dibuat, roti bakar adalah favorit banyak orang, dan cocok dimakan kapan saja. Saya mencicipi roti bakar di Kedai Kola Kola, tetangga Megaria, sekitar jam tiga sore, saat beberapa kedai lain sedang istirahat.

Sebagai penggemar sarikaya, saya suka sekali roti bakar ini. Tapi saran saya, minuman untuk menemaninya lebih baik yang hambar atau agak pahit saja, seperti air putih atau teh tanpa gula. Soalnya, selai sarikaya ini manis sekali, jadi akan terlalu manis jika dikombinasikan dengan kopi susu andalan mereka.

kuliner pekanbaru
Roti Bakar Sarikaya dan Kopi Susu
kuliner pekanbaru
Enak dimakan malem-malem

Kalau kamu masih ingin menjelajahi lebih banyak lagi kuliner di Pekanbaru, Jalan Juanda memiliki punya banyak pilihan kedai yang bisa kamu telusuri, dengan menu makanan beragam.

Walaupun termasuk dalam kawasan pecinan, pengunjungnya tak terbatas keturunan Tionghoa. Dari berbagai ras dan suku, tua-muda, pegawai swasta, pegawai negeri, pengusaha, hingga mahasiswa, saya lihat bersantai dan melahap sajian di kedai-kedai Jalan Juanda ini. Kamu sendiri, penasaran juga ingin mencoba?

Write a Comment

POPULAR STORIES

news-img

Pantai Pasir Putih di Kei Kecil yang Serasa Pantai Pribadi

Maluku terkenal dengan keindahan pantai-pantainya, apalagi yang terdapat di Pulau Kei Kecil yang belakangan ini mulai ramai dibicarakan. Bagaimana, sih, pantai di Kei Kecil?

Dec 15, 2015
news-img

5 Hal Unik yang Bisa Kamu Temukan di Dieng

Ada banyak alasan untuk melakukan perjalanan ke Dataran Tinggi Dieng, desa di dekat Kota Wonosobo. Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu temukan di sana!

Feb 09, 2016

COMMENTS